Sijunjung

Pemilu Serentak 2019 Di Sijunjung, Kerahkan 35.850 Penyelenggara

Warta Andalas | Sabtu, 13 April 2019 - 20:47:04 WIB | dibaca: 62 pembaca

WARTA ANDALAS, Sijunjung - Untuk mensukseskan Pemilihan Umum (Pemilu) 2019, penyelenggara Pemilu di Sijunjung kerahkan sekitar 35.850 petugas termasuk saksi dari peserta Pemilu untuk 717 tempat pemungutan suara (TPS) yang ada di delapan kecamatan di kabupaten itu.

Hal itu diungkapkan Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Sijunjung, Sumatera Barat, Agus Hutrial Tatul saat membuka acara Rapat Koordinasi (Rakor) Fasilitasi, Publikasi & Pengawasan Pemilu 2019 pada pemilihan Presiden dan Waki Presiden, DPR RI, DPD, DPED Propunsi dan DPRD kabupaten/kota Bersama Wartawan di Wisma Keluarga Muaro Sijunjung pada Sabtu (13/4/2019).

"Di tiap TPS kita melibatkan anggota KPPS 7 anggota, keamanan 2 dan PAM TPS 1 anggota jumlahnya 10 anggota dan ditambah saksi dari peserta Pemilu  yang jumlanya tiap TPS ada kisaran 50 petugas dan itu jika hadir semua,"jelas Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Sijunjung, Sumatera Barat, Agus Hutrial Tatul menjawab awak media usai pembukaan Rakor.

Artinya, dari 717 TPS yang ada di delapan kecamatan, maka jumlah petugas termasuk saksi jumlah mencapai 35.850 petugas. "Diharapkan Pemilu di Sijunjung tidak terjadi kecurangan," jelasnya.

Menurut Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Sijunjung, Sumatera Barat, Agus Hutrial Tatul dan Riki Minarsah Komisioner Bawaslu, diharapkan penyelenggaraan Pemilu di Sijunjung diharapkan berjalan jujur dan adil (Jurdil).

"TPS yang berada di dekat rumah/posko tim kampanye jumlahnya mencapai 79 TPS dan dikuatirkan berpotensi terjadi kerawanan. Nah, untuk itu diperlukan pengawasan," kata Riki Minarsa dalam paparannya kehadapan para wartawan.

Bahkan diminggu tenang, kata Riki, Bawaslu Sijunjung akan mengerahkan 802 petugas termasuk mesenterilkan atribut dan alat peraga pemilu.

Juni Wandri,SH,MKn dari Devisi Hukum Bawaslu Sijunjung, dalam keterangannya menyebutkan, bahwa pihaknya juga menerima laporan dugaan pelanggaran Adm dan pidana pemilu. "Termasuk adanya dugaan ASN terlibat dalam pemilu juga di proses," kata Juni Wandri.

Ketua KPU Sijunjung, Lindo Karsyah, menyebutkan, Logistik pada Minggu (14/4/2019) akan di distribusikan ke sejumlah kecamatan yang ada di Kabupaten Sijunjung.

"TPS terbanyak berada di Kamangbaru mencapai 151 TPS diharapkan dalam waktu 5 hari C1 sudah bisa di upload," kata Lindo. (sr)





Komentar : 0


Nama

Email

Komentar



(Salin kode keamanan diatas)