Payakumbuh

Pemerintah Pusat Bantu Jalan Lingkar Selatan Payakumbuh, Rp24 M Lebih

Warta Andalas | Kamis, 23 Januari 2014 - 18:12:33 WIB | dibaca: 958 pembaca

WARTA ANDALAS, PAYAKUMBUH - Pembangunan Payakumbuh ring road masih terbengkalai.  Jalan lingkar kota itu baru menyelesaikan ruas jalan lingkar utara bagian luar, sepanjang 12,5 Km. Sementara, ruas jalan lingkar  selatan, masih terputus pada beberapa titik. Tahun 2014 ini, pemerintah pusat mengalokasikan dana sebesar Rp24 M lebih untuk melanjutkan pembangunan jalan lingkar dimaksud.

Walikota Payakumbuh Riza Falepi, ketika dihubungi di Balaikota di Bukik Sibaluik Payakumbuh, Rabu (22/1), membenarkan, jika pemko mendapat bantuan dari pemerintah pusat, untuk melanjutkan pembangunan  Payakumbuh ring road itu. Walikota meminta warga untuk ikut berpartisipasi menyelesaikan pembangunan prasarana perhubungan darat itu.  Tanah warga yang terkena dari pembangunan, akan diberi ganti kerugian yang wajar.

Kepala Dinas PU Payakumbuh Muswendri Evites, melalui Kabid Binamarga H. Zul Arman, ST, di tempat terpisah, mengatakan, dana sebesar Rp24 M  itu akan mampu memperlebar badan jalan teraspal  dari kondisi awal antara 3,5  dan 4 meter menjadi antara  7 sampai 9 meter  di kawasan Kelurahan Payobasung, Padang Tangah Payobadar dan Kotopanjang Payobasung, sepanjang lebih kurang 4 Km.

Secara keseluruhan, total pajang  jalan lingkar yang melingkari kota ini, sekitar 24 Km. Terdiri dari Jalan lingkar luar bagian utara, dari Pertigaan Jalan Sukarno-Hatta di Kelurahan Pakan Sinayan, Payakumbuh Barat menuju Kelurahan Tanjung Anau di Payakumbuh Utara, sepanjang 12,5 Km. Kelurahan-kelurahan yang dilewatinya, Kubu Gadang, Talang, Parik Muko Aia di Kecamatan Latina, Payonibung, Talawi dan Balai Betung di Payakumbuh Utara.

Kemudian jalan lingkar selatan dari Tanjung Anau menuju pertigaan Jalan Sukarno-Hatta di Kelurahan Balai Panjang, Payakumbuh Selatan, sepanjang lebih kurang 11,5 Km. Kelurahan-kelurahan yang dilewatinya, Kotobaru Payobasung, Kotopanjang Payobasung, Padang Alai, Padang Tangah Payobadar, Bukit Sitabur,  Sicincin  di Payakumbuh Timur,  Aur Kuniang, Sawah Padang, Padang Karambia, Limo Kampuang, Limbukan dan Balai Panjang di Kecamatan Payakumbuh Selatan.

Menurut rencana, sebut Zul Arman, pekerjaan jalan lingkar di kawasan Kotopanjang Payobasung  sampai ke Padang Tangah Payobadar, akan dikerjalan awal Februari mendatang.

Kepala Dishubkom  Informasi Payakumbuh Adrian, SH, M.Si, mengatakan, keberadaan jalan lingkar itu, merupakan jalan lintas Sumatera Barat – Riau dari arah Bukittinggi serta jalan lintas Sumatera Barat – Riau dari arah Lintau  (Tanah Datar).  Sekarang ini, kendaraan angkutan barang dari Lintau – Pekanbaru atau sebaliknya,  lewat ruas  jalan dalam kota. Dampaknya, tidak hanya menimbulkan kemacetan, tapi juga merusak badan jalan, akibat tonase  kendaraan yang tak seimbang dengan kondisi jalan. (zal)





Komentar : 0


Nama

Email

Komentar



(Salin kode keamanan diatas)