Sawahlunto

Pemberian Bantuan BIOS 44 Warnai Baksos KODIM 0310/SSD di PLTU Ombilin

Warta Andalas | Senin, 16 Desember 2019 - 18:34:22 WIB | dibaca: 10163 pembaca

WARTA ANDALAS, SAWAHLUNTO - Dalam rangka menyambut peringatan Hari Juang TNI AD ke 74 tahun 2019, jajaran Komando Distrik Militer (KODIM) 0310/SSD melaksanakan Bakti Sosial (Baksos) di PLTU Ombilin desa Sijantang kecamatan Talawi, Senin (16/12).

Menurut Dandim 0310/SSD, Letkol Inf. Dwi Putranto, S.A.P., M.I.Pol, kegiatan ini merupakan hasil kerjasama antara pihaknya dengan PLTU Ombilin yang merupakan Obvitnas (Objek Vital Nasional.red).

“Dalam rangka Hari Juang TNI AD ini kita menjawab apa yang menjadi kegelisahan atau kebutuhan dari wilayah masing-masing KODIM. Terlepas dari itu, kita simak bersama bahwa PLTU Ombiling merupakan Obvitnas. Tidak ada unsure Beking membeking atau unsure jadi tameng di depan, itu tidak. Karena sesuai dengan UU Nomor 34 tahun 2004 tentang Tupoksi TNI dalam OMSP (Operasi Militer Selain Perang .red) salahsatunya adalah menjaga asset nasional,” terangnya dihadapan ratusan tamu undangan.

Memang, lanjut Dandim, tidak ada yang sempurna. Semua pasti ada cela dan ada cacat. Untuk itu, ketidaksempurnaan ini mari kita sama sama saling melengkapi, saling mengisi dan berdiskusi.

Lebih jauh disampaikan Dandim, banyak yang perlu diselesaikan, karena satu-satunya Obvitnas PLN yang suplai bahan bakunya menggunakan jalan darat. Pasti banyak gesekan atau ketersinggungan ataupun hal yang menjadi kerikil kerikil dalam jalannya operasional.

“Sekali lagi kapasitas kami berdiri di sini adalah untuk sama-sama merangkul dan mejaga asset nasional. Mudah mudahan peran kami disini bisa turut membangun negeri ini lewat kota Sawahlunto,” sebutnya, dihadapan Pimpinan PLTU Ombilin dan para jajarannya.

Usai pemberian kata sambutan, Baksos itu juga diwarnai dengan pemberian bantuan pada warga tak mampu, yang ada di wilayah sekitar PLTU Ombilin, yaitu desa Sijantang, desa Salak dan desa Talawi Hilir melalui anggaran Amil Zakat PLTU (Baitul mall) kepada sekitar 300 KK.

Selain itu, juga ada bantuan berupa uang tunai sebesar Rp.1 juta bagi 30 orang guru ngaji dan penjaga Masjid, dan pembagian Sembako pada masyarakat yang membawa surat pengantar dari kantor desa/kelurahan  masing-masing.

Mengakhiri rangkaian kegiatan Baksos Hari Juang TNI ke 74 Tahun 2019 di PLTU Ombilin itu, rombongan langsung menuju area perkebunan Singkong dan Jagung untuk menaburkan BIOS 44 di lahan seluas lebih kurang 1 hektar milik Kelompok Tani desa Sijantang.

Bantuan BIOS 44 sebanyak 500 liter yang telah diakui dunia mampu menyuburkan tanah itu, merupakan bantuan dari PLTU Ombilin yang dibeli melalui KODIM 0310/SSD.

Selain jajaran PLTU Ombilin, di lokasi itu juga tampak hadir para Danramil di lingkungan KODIM 0310/SSD serta para prajuritnya. (ap)





Komentar : 0


Nama

Email

Komentar



(Salin kode keamanan diatas)