Sawahlunto

PDI Perjuangan Sarankan 4 Dapil di Sawahlunto Pileg 2019

Warta Andalas | Minggu, 19 November 2017 - 10:06:12 WIB | dibaca: 198 pembaca

WARTA ANDALAS, SAWAHLUNTO - PDI Perjuangan kota Sawahlunto menyarankan kepada KPUD kota ini agar menetapkan Daerah Pemilihan (Dapil) pada Pemilu Legislatif (pileg) 2019 mendatang menjadi  4 (empat) Dapil, dari Pileg sebelumnya 3 (tiga) Dapil.

Hal ini disampaikan Sekretaris DPC PDI Perjuangan Kota Sawahlunto Tumpak Abdurrahman pada Rapat penyusunan Penataan dapil dan Simulasi Penghitungan Alokasi Kursi Pileg 2019 yang digelar KPUD kota ini, di Gedung Pusat Kebudayaan, Sabtu (18/11).

Usulan 4 Dapil, sebut Tumpak sesuai dengan kecamatan yang ada dikota ini. dan tidak menyalahi aturan dimana setiap dapil memiliki 3 sampai 12 kursi legislatif. “ penambahan Dapil ini juga sesuai dengan kultur budaya dan masyarakat yang ada perbedaan antara Kecamatan Silungkang yang lebih homogen dan Lembah Segar yang heterogen,” jelasnya.

Usulan PDI perjuangan ini didukung PPP kota ini. Sekretaris DPC  PPP H Jaswandi menyetujui ditambah satu dapil atau satu Dapil pada kecamatan Lembah segar dan satu dapil kecamatan  Silungkang. “dengan Dapil ditiap kecamatan akan lebih memudahkan konsolidasi parpol karna ditiap kecamatan ada kepengurusan Pimpinan Anak Cabang (PAC)” jelas Jaswandi.

Dukungan dijadikan 4 dapil ini juga disampaikan Ketua LKAAM Sawahlunto Adi Muaris Khatib Kayo. Dia menjelaskan secara kultur dan kenagarian karna dikecamatan Silungkang ada Kenagarian Silungkang dan kenagarian Taratak bancah. Dan dikecamatan Lembah segar ada kenagarian Kubang dan kenagarian Lunto.

“Kalau dikecamatan lembah Segar kultus dan budayanya sangat heterogen dan ada kawasan kota tua yang lebih multi etnit dan juga ada pemerintahan Kelurahan dan desa dikecamatan ini” jelas Khatib Kayo. Menanggapi usulan empat dapil pada Pileg 2019 ini, Komisaris KPUD Sawahlunto Zawil Husain berjanji akan mengakomodir dalam rapat pleno mendatang dalam penetapan Dapil Pileg 2019. Sesuai dengan aturan memang yang disampaikan terkait empat dapil dapat dilakukan.

“Terhadap usulan ini akan dilakukan kajian serta diskusi yang lebih luas dengan melibatkan  tokoh masyarakat serta parpol” sebutnya.
Lain halnya PKP Indonesia kota ini lebih menyarankan pemberlakuan yang sama pada Pileg lalu dengan Pileg 2019 mendatang.  Funsionaris PKPI Sawahlunto Susongko menyatakan  PKPI lebih menyarakan dengan adanya dapil Lembah Segar – Silungkang dengan 8 kursi sebagaimana Pileg sebelumnya.

“Ini sangat tepat, dalam segi kesinambungan atau hal yang telah biasa dilaksanakan sebelumnya. Dan  pelaksanaan pemilu sebelumnya dapat berjalan dengan baik ” jelas Susongko pada Raker yang dipimpin KPUD Sawahlunto Afdhal.

Dari jumlah penduduk 64.299.000 dengan 20 kursi dilegislatif kalau sebelumnya terdapat 3 Dapil dengan BPP 3.214 yakni, 6 kursi
dikecamatan Talawi (19.521 penduduk), Dapil Barangin 6 kursi (19.444) dan Dapil Lembah Segar -Silungkang 8 kursi (25.334 penduduk). Kalau terjadi 4 Dapil maka dapil Silungkang 4 kursi  (11.595) dan dapil Lembah Segar 4 kursi (13.739 penduduk). (TAS)





Komentar : 0


Nama

Email

Komentar



(Salin kode keamanan diatas)