Sawahlunto

Pawai Obor Tutup Rangkaian Festival Muharram Desa Kolok Nan Tuo

Warta Andalas | Senin, 02 September 2019 - 20:15:46 WIB | dibaca: 10168 pembaca

WARTA ANDALAS, SAWAHLUNTO – Untuk yang ke 4 kalinya sejak tahun 2016 silam, tahun 2019 ini desa Kolok Nan Tuo kecamatan Barangin kota Sawahlunto, Bumatera Barat kembali menggelar Festival Muharram, yang digelar dari tanggal 30 Agustus hingga 1 September 2019 kemarin.

Menurut Kepala Desa Kolok nan Tuo, Supriyadi Mukri kegiatan tersebut telah menjadi agenda rutin tahunan desa Kolok Nan Tuo untuk memeriahkan datangnya tahun baru Islam.

“Alhamdulillah ini sudah merupakan tahun ke 4 pelaksanaan Festival Muharram, yang dilaksanakan dengan menggandeng seluruh stakeholder yang ada di desa kita ini. Baik ninik mamak, sekolah-sekolah hingga berbagai pihak lainnya,” ungkap pria yang kerap disapa Adek Rossy itu.

Dalam kegiatan itu, lanjut Adek Rossy, diisi dengan sejumlah rangkaian acara, seperti berbagai perlombaan tingkat SD – SLTP dan perangkat desa, tausiyyah, penampilan kesenian serta pawai obor.

“Dari kegiatan ini, kita harapkan dapat meningkatkan rasa keimanan dan ketaqwaan kita pada sang Khaliq, khususnya bagi kalangan generasi muda penerus bangsa kita agar mampu membentengi diri dengan ilmu dan pengetahuan agama,” sebutnya.

Hal senada juga dikatakan Sekertaris desa Kolok Nan Tuo yng sekaligus merupakan Ketua Panitia, Desri Ronaldi Arifin. Menurutnya, untuk kegiatan Festival Muharram tersebut didanai dari APBDes dea Kolok Nan Tuo.

Hingga penutupan acara yang diawali dengan pawai obor dari pasar Kolok menuju Lapangan Koto Baru, Minggu (1/9) kemarin, sebut Desri, semua acara berlangsung aman, tertib dan lancer. “Mudah-mudahan untuk tahun depan akan lebih meriah lagi,” harapnya.

Menanggapi hal itu, Ketua Kerapatan Adat Nagari Kolok, Ir. H Dahler, M.Sc mengatakan member apresiasi atas suksesnya kegiatan tersebut. Ia berharap, apa yang telah dilaksanakan oleh Pemerintah Desa Kolok nan Tuo dapat memberikan effect positif bagi perkembangan dan kemajuan warga.

Sementara itu dalam sambutan penutupan Festival Muharram yang dilaksanakan di lapangan bola Koto Baru, Walikota Sawahlunto Deri Asta menyatakan sangat mendukung kegiatan yang sangat positif ini.

“Festival Muharram ini adalah sebuah kegiatan yang sangat positif, sebagai bentuk rasa syukur dalam menyambut masuknya tahun baru Islam, sebagai agama yang kita yakini. Dan Ini sudah dimulai oleh Pemerintah Desa Kolok Nan Tuo, yang sementara ini merupakan satu-satunya desa yang melaksanakan,” ungkapnya.

Dan di beberapa daerah lain juga sudah mulai melaksanakan kegiatan seperti ini. Mudah-mudahan hal ini akan menjadi contoh bagi desa-desa lain yang ada di Sawahlunto. “Saya berharap, kedepan akan dapat terus ditingkatkan,” pungkasnya. (ap)





Komentar : 0


Nama

Email

Komentar



(Salin kode keamanan diatas)