Purbalingga

Pasca Banjir Karangmoncol, Karang Taruna Bersihkan Lingkungan Terdampak

Warta Andalas | Minggu, 24 Maret 2019 - 07:36:20 WIB | dibaca: 167 pembaca

WARTA ANDALAS, PURBALINGGA - Sebagai wujud kepedulian terhadap korban banjir di Kecamatan Karangmoncol yang melanda beberapa Desa, Karang Taruna Purbalingga melalui pengurusnya di Kecamatan Karangmoncol terjun membersihkan lingkungan terdampak. Itulah situasi yang berhasil dihimpun di lapangan kala Karang Taruna sedang melakukan kerja bakti pasca banjir di Desa Tajug Kecamatan Karangmoncol,  Sabtu (23/3).

Kerja bakti yang dilakukan Karang Taruna atas instruksi Ketua Umum Karang Taruna Purbalingga, HR Bambang Irawan yang mengatakan, Karang Taruna harus hadir di tengah masyarakat saat situasi seperti ini sebagai wujud rasa peduli dan memberi manfaat kepada masyarakat.

"Sebagai wujud kepedulian, Karang Taruna Karangmoncol mohon terjun ke lapangan untuk melakukan kerja bakti pembersihan lingkungan terdampak," katanya.

Sebelumnya dilaporkan, Jum’at (22/3) malam, wilayah Kecamatan Karangmoncol dilanda banjir. Camat Karangmoncol, Titis Panjer Rahino yang dihubungi melalui telepon menuturkan, dirinya mendapatkan laporan dari Kades Tajug dan Rajawana bahwa air telah meluap dan masuk ke perkampungan warga. Bersama dengan forkompimcam, Camat Karangmoncol mengevakuasi warga terdampak banjir dan memindahkan ke tempat yang lebih aman.

“Kami mendapatkan laporan ada luapan sungai di beberapa Desa seperti sungai jumalang dan sungai kahuripan di wilayah Kecamatan Karangmoncol. Atas laporan tersebut kami Bersama forkopimcam langsung menuju lokasi untuk segera mengevakuasi warga,” kata Titis.

Titis menuturkan,di Desa Tajug ada 4 KK yang mengungsi ke rumuah kerabat dan di Desa Rajawana ada satu KK yang juga mengungsi ke rumah kerabat. “Ada beberapa KK yang mengungsi karena rumahnya terkena luapan banjir,” tuturnya.

Titis menambahkan, pihaknya segera melakukan koordinasi dengan BPBD, PMI serta SAR Purbalingga guna melakukan tindakan yang diperlukan seperti pendataan kerugian yang diderita warga dan evakuasi lanjutan. Hingga berita ini diturunkan, pihak-pihak tersebut masih mendata kerugian yang diderita warga. Diketahui Plt. Bupati Purbalingga juga telah meninjau lokasi bencana terebut.

“Tadi pagi ibu Plt. Sudah kesini meninjau lokasi dan memberikan beberapa bantuan. Kami imbau masyarakat untuk tetap waspada apabila intensitas hujan mulai tinggi,” pungkasnya. (KP-4)





Komentar : 0


Nama

Email

Komentar



(Salin kode keamanan diatas)