Padangpanjang

Panwaslu Padangpanjang Minta Caleg Taati Aturan Kampanye

Warta Andalas | Senin, 13 Januari 2014 - 21:30:40 WIB | dibaca: 922 pembaca

WARTA ANDALAS, PADANGPANJANG - Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kota Padangpanjang meminta kepada calon anggota legislatif, calon anggota DPD dan partai politik peserta Pemilu 2014 untuk mematuhi Peraturan KPU No.15 Tahun 2013 dengan menurunkan sendiri atribut kampanye yang menyalahi aturan.

"Kita minta pengertian caleg dan parpol untuk menertibkan sendiri atribut kampanye yang menyalahi aturan. Permintaan tersebut agar tahapan Pemilihan Umum 2014 itu bisa berjalan lancar, mendidik dan berkualitas," kata Ketua Panwaslu Kota Padangpanjang Agus Salim kepada wartawan.

Menurut Agus Salim, dengan menurunkan atribut kampanye itu sendiri, maka alat peraga kampanye itu bisa terjaga dengan baik, tanpa harus di turunkan paksa.

Dikatakannya, dalam hal menurunkan alat peraga kapamnye yang melanggar aturan pihak Pnwaslu sebelumnya sudah menyurati parpol dan para caleg.

"Kalau bisa menurunkan dengan sendiri, itu akan lebih baik, namun jika tidak diindahkan surat permintaan itu, maka kita bersama tim akan turunkan dengan paksa," katanya.

Dalam menurunkan secara paksa, lanjutnya, Panwaslu sebelumnya memberikan surat rekomendasi kepada KPu Kota Padangpanjang yang diteruskan ke Pemko setempat.

"Surat rekomendasi temuan dan laporan pelanggaran sudah kita sampaikan ke KPU Padangpanjang. Kita saat ini menunggu hasil laporan tersebut," katanya.

Alat peraga kampanye dari caleg di Kota Padangpanjang ada yang melanggar aturan seperti pemasangan baliho di sejumlah lokasi strategis di daerah itu.

Menurut salah seorang warga setempat, Bayu yang ditemui menyebutkan, baliho caleg itu mengganggu keindahan kota, meski berada di lokasi yang tidak strategis, mengingat corak dan warna yang banyak pada setiap baliho tersebut.

Baliho caleg itu, imbuhnya, juga terpajang tanpa memperhatikan aturan dari Komisi Pemilihan Umum tentang pemasangan alat peraga kampanye. (ben)





Komentar : 0


Nama

Email

Komentar



(Salin kode keamanan diatas)