Agam

Musrenbang 2017, Acuan Strategis Kemajuan 2018

Warta Andalas | Kamis, 16 Februari 2017 - 17:14:02 WIB | dibaca: 186 pembaca

WARTA ANDALAS, AGAM - Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) tahun 2017 dijadikan sebagai acuan pembangunan tahun 2018 yang  menyerap aspirasi masyarakat.Musrenbang juga sebagai tolok ukur keberhasilan pemerintah dalam membangun serta melayani masyarakat.

Seperti dijelaskan H. Isman Imran,  Asisten Ekonomi dan Pembangunan Sekab Agam  usai membuka Musrenbang Kecamatan Kamang Magek, Selasa (14/2). 

Musrenbang Kecamatan Kamang Magek dihadiri lima orang anggota DPRD Agam Dapil III, Kepala OPD terkait, Camat Kamang Magek Surya Wendri, Wali Nagari se-Kecamatan Kamang Magek dan tokoh masyarakat membedah beragam program strategis untuk wilayah tersebut.

"Hasil musrenbang kecamatan ini, akan dibahas dalam musrenbang kabupaten, Maret mendatang, " ujarnya.

Isman Imran menilai, forum musrenbang penting dan strategis. Dijelaskan, anggaran nagari 2017 rata-rata Rp1 miliar, diharapkan dapat dimanfaatkan dengan baik.

Menurutnya ada 2 aspek penting yang harus jadi acuan dalam forum musrenbang, yakni memastikan usulan prioritas harus memenuhi hak-hak dasar masyarakat, pembangunan tepat sasaran, adil dan merata untuk kesejahteraan masyarakat.

Juga aspek pemberdayaan masyarakat, dengan membuka ruang partisipasi seluruh elemen masyarakat, sehingga masukan dan usulan bisa lebih komprehensif.

Berkesinambungan

Agenda penting dalam musrenbang mesti berkesinambungan sesuai tahapan yang dilalui mulai dari nagari.

"Setelah dibuatnya rencana kerja oleh SKPD untuk kegiatan 2018, diharapkan seluruh pemangku pemerintah kecamatan dan nagari mengawal dan menjaga program prioritas yang telah diusulkan.

Hal itu diharapkan Isman Imran, ketua tim musrenbang kecamatan Kamang Magek 

Menurutnya, berhasilnya suatu pembangunan tanpa adanya pemberdayaan atau binaan, maka hasilnya tidak akan  maksimal.

Isman Imran  juga meminta camat dan wali nagari, agar  memberi pengertian kepada masyarakat tentang keterbatasan kemampuan finansial pemerintah daerah, sehingga berakibat tidak semua yang diusulkan dan disepakati dapat tertampung pada anggaran tahun depan.

Sementara menurut Syafruddin anggota DPRD Agam, mendukung penuh agenda musrenbang tersebut dan akan mengawal seluruh aspirasi masyarakat, yang telah menjadi prioritas program musrenbang nagari, dan sesuai dengan alokasi anggaran APBD.

"Untuk program prioritas dan unggulan, bisa lebih fokus, terarah, dan berkelanjutan, sesuai dengan visi misi pemerintah daerah," ujarnya. (jon)





Komentar : 0


Nama

Email

Komentar



(Salin kode keamanan diatas)