Agam

Musda dan Rakerda LPTQ Agam Bakal Alot

Warta Andalas | Kamis, 20 Februari 2014 - 08:34:50 WIB | dibaca: 1289 pembaca

WARTA ANDALAS, AGAM - Musda dan Rakerda LPTQ Agam Bakal Alot Sebagai wadah musyawarah tertinggi dari sebuah organisasi yang berlebel Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ), Musda LPTQ Kabupaten Agam yang akan dilaksanakan sehari suntuk pada hari Rabu 19 Februari 2014 di Aula Utama Kantor Bupati Agam, mulai menghangat dan diyakini akan berjalan alot.

Pasalnya pada ajang lima tahunan ini bakal menghangat terutama dalam menentukan siapa sosok terbaik dan tepat, guna diamanahi tugas sebagai Ketua Umum LPTQ untuk  periode lima tahun ke depan di luak Agam yang bervisikan ”Agam Mandiri Dan Berprestasi yang Madani”. Bakal alotnya pemilihan Ketua Umum ini sejalan dengan terjadinya perubahan drastis dan positif ditubuh kepengurusan LPTQ Propvinsi.

Sejak lembaga LPTQ ada di Sumatera Barat, persisnya sejak era kepemimpinan pak Harto, sekitar tahun 1970-an, jabatan Ketua Umum selalu dipegang jajaran setingkat Asisten dan Sekda.

Selanjutnya Ketua Umum LPTQ Sumatera Barat dijabat Wakil Gubernur, persis setelah struktur pemerintahan tingkat provinsi ada jabatan Wakil Gubernur. Dan sekarang, Ketua Umum LPTQ Sumatera Barat langsung dijabat oleh Gubernur Prof. Dr. Irwan Prayitno.

Bagaimana dengan LPTQ Kabupaten Agam yang bakal menggelar Musda dan disejalankan dengan Rakerda Rabu (19/2) besok, sebagaimana disampaikan Panitia Pengarah (SC) Khairul Koto, S. Sos yang juga Ketua Bidang Organisasi dan Kelembagaan LPTQ Kabupaten Agam Periode 2008 -2013.

”Kedua momentum strategis ini kita padu dalam satu kegiatan, Musda dilaksanakan bermuara pada terpilihnya Pengurus LPTQ yang baru, sementara Rakerda dilaksanakan dalam rangka penyusunan program kerja tahunan serta evaluasi terhadap pelaksanaan tugas pokok LPTQ tahun sebelumnya” tegas KhairulKoto.

Empat tugas dan wewenang Musda dan Rakerda nantinya, jelas Khairul Koto, menetapkan Program Kerja Tahun 2014, merumuskann pokok-pokok pikiran dan rekomendasi, memilih personalia Pengurus LPTQ Kabupaten Agam Periode 2014 -2018, serta menetapkan pedoman dan tata tertib MTQ Ke 36 Tingkat Kabupaten Agam Tahun 2014 di Kecamatan Malalak.

“Siapa yang akan menjadi Ketua Umum LPTQ, kita serahkan kepada peserta Musda dan Rakerda melalui Sidang Paripurna, yang jelas setiap peserta memiliki hak memilih, hak dipilih, serta hak bicara dan hak suara. Apapun keputusannya, itu merupakan aspirasi dan kehendak peserta Musda & Rakerda LPTQ Kabupaten Agam”, tegas Khairul Koto berdiplomasi.

Sementara Kasubag. Tata Usaha Kantor Kemenag Kabupaten Agam Edi Zaldi, S. Ag menginginkan jabatan Ketua Umum LPTQ Kabupaten Agam sebaiknya dijabat oleh Wakil Bupati sementara Bupati tetap sebagai Penasehat, tegasnya yang diamini Kasi Bimas Kemenag Yunaldi, S. Ag, M.Pd.
(jon)





Komentar : 0


Nama

Email

Komentar



(Salin kode keamanan diatas)