Purbalingga

Minyak Jelantah Bisa Jadi Sabun Cuci Piring

Warta Andalas | Rabu, 11 Juli 2018 - 09:33:02 WIB | dibaca: 173 pembaca

WARTA ANDALAS, PURBALINGGA – Minyak jelantah yang merupakan minyak goreng bekas penggorengan yang sudah berwarna kecoklatan ternyata dapat diolah kembali menjadi sabun. Minyak hasil penggorengan yang sudah tidak layak digunakan ini ternyata bisa menjadi bahan yang berharga.

Ini dikemukakan oleh salah satu instruktur Perkemahan Ilmiah Remaja Nasional (PIRN) ke XVII di Kabupaten Purbalingga saat mendampingi peserta untuk melakukan penelitian di industri makanan kecil pembuatan manco yang terletak di Dusun Sirongge, Desa Kembaran Kulon. Ahmad Binoto dari Pusat Penelitian Biologi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) mengatakan ide ini muncul dari salah satu tim bagaimana minyak jelantah dapat dijernihkan menjadi semacam sabun yang aman untuk digunakan.

“Salah satu ide yang tadi muncul dari salah satu tim adalah bagaimana kalau seandainya kita jernihkan, murnikan menjadikan semacam sabun tetapi yang aman yang bebas dari alergi sebagai bahan kosmetik masyarakat,” terang Ahmad saat ditemui di lokasi penelitian industri makanan ringan manco, Selasa (10/7).

Hal ini menurutnya akan berdampak pada kesehatan, karena mengonsumsi makanan hasil penggorengan dengan menggunakan minyak jelantah tidak baik bagi tubuh. Dan banyaknya minyak yang digunakan pada industry-industri makanan kecil menjadi salah satu fokus penelitian peserta PIRN di Kabupaten Purbalingga.

“Satu limbah yang akan diolah adalah limbah dari minyak jelantah yang digunakan untuk menggoreng. Jadi minyak jelantah bagaimana ini bisa diconvert menjadi katakan bahan yang bisa digunakan,” ujarnya.

Peserta PIRN ke XVII yang mengikuti penelitian pengolahan limbah makanan sendiri berjumlah 64 orang yang terdiri dari guru dan siswa. Masing-masing memiliki project yang berbeda yang dibagi ke dalam beberapa kelompok.

“Ada sekitar 64 peserta yang meneliti, di situ setengah guru setengah siswa yang kurang lebih masing-masing terdiri dari 7 orang setiap timnya.

Satya dari SMK Negeri 2 Depok bersama timnya yang meneliti limbah minyaknya yakni minyak jelantah . Dari hasil pengamatan yang telah dilakukan, mereka langsung berencana untuk mengolah minyak jelantah menjadi sabun cuci piring yang aman digunakan.

“Mau diolah kembali menjadi sabun cuci, sabun cuci piring bisa, sabun cuci baju juga bisa tapi gak bagus buat mandi, papar Satya. (PI-7)





Komentar : 0


Nama

Email

Komentar



(Salin kode keamanan diatas)