Agam

Merevitalisasikan Peranan Serta Fungsi Niniak Mamak Dalam Adat Salingka Nagari

Warta Andalas | Senin, 16 April 2018 - 09:55:18 WIB | dibaca: 90 pembaca

WARTA ANDALAS, AGAM - Bupati Agam, H. Indra Catri Dt. Malako Nan Putiah membuka secara resmi Seminar Adat Di Nagari Batu Taba, Kecamatan Ampek Angkek Kabupaten Agam, yang dilaksanakan di Aula SMKN 1 Ampek Angkek, Sabtu (14/4).

Bupati Agam H. Indra Catri Dt. Malako Nan Putiah .memberikan sebuah pantun "Bukan kamari, kamari sajo, kamari nan datang dari ampek angkek, Ambo kamari bukan kamari sajo, ambo kamari untuak manggadangkan Adat di Nagari Ampek Angkek" Ujarnya saat awal penyampaian kata sambutannya.

Bupati Agam dalam sambutanya menyampaikan apresiasi dan penghargaan atas dilaksanakannya seminar Adat Nagari dalam rangka Mambangkik Batang tarandam dan meningkatkan peranan serta fungsi Niniak mamak dalam adat salingka Nagari.

"Atas nama pribadi dan pemerintah Kabupaten Agam, saya menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada masyarakat Nagari Batu Taba terutama Panitia, bamus, LKAN yang sudah menggas acara ini" Ujar Bupati

H. Indra Catri menegaskan, Peran niniak mamak dalam adat salingka nagari adalah sebagai pengambil keputusan, dan mempertahan pusako-pusako yang ada di dalam Nagari, akan tetapi dengan kondisi saat sekarang ini, peranan niniak mamak sudah banyak diluar dari peranan dan fungsinya, seakan-akan istilah Niniak mamak dalam nagari  pai tampek batanyo pulang tampek babarito sudah tidak ada lagi.

"semoga apa kita laksanakan ini,mencapai tujuan yang sesuai dengan sasaran, tidak hanya sekedar berkumpul-saja, tapi juga menghasilkan rumusan- rumusan yang bisa mengiatkan kembali atau merevitalisasikan peranan serta dari fungsi niniak mamak dalam adat salingka nagari." ujarnya berharap

Sehingga setelah acara ini, nagari batu taba bisa menjadi suritauladan atau sebagai contoh bagi nagari-nagari lain dalam memahami nilai-nilai adat.

Ketua KAN Batu Taba H Raymon St Diateh berharap dengan Adanya seminar ini kita bisa bersama-sama dalam menyamakan persepsi dalam pemahaman dan pemakaian adat ditengah-tengah masyarakat" ujar Raymon

Sementara itu, Bamus Batu Taba Gusti Kamal Selaku ketua Panitia menyampaikan harapanya "agar setelah acara seminar ini, bisa menjadi titik baik bagi masyarakat dalam memahami nilai-nilai adat minangkabau Khususnya di Nagari Batu Taba, umumnya Kecamatan Ampek Angkek dan Kabupaten Agam. 

Pada kesempatan itu turut hadir H. Icu Dt Bandaro dan Arisno Dt Andomo sebagai nara sumber, Ketua KAN Batu Taba, H Raymon St Diateh, Ketua Bamus Batu Taba Gusti Kamal, Anggota DPRD Agam Dapil 4, Camat Ampek Angkek Tedi Marta serta Niniak Mamak dan Bundo Kanduang Kecamatan Ampek Angkek (Khw)





Komentar : 0


Nama

Email

Komentar



(Salin kode keamanan diatas)