Pariwara

Menuju Smart City, Kota Payakumbuh Terus Bangun Jaringan Internet Hingga ke Kelurahan

Warta Andalas | Rabu, 22 November 2017 - 21:24:03 WIB | dibaca: 260 pembaca

Perkembangan teknologi komunikasi kini sudah semakin pesat, dan kemajuan teknologi secara sadar ataupun tidak telah banyak mengubah pola kehidupan masyarakat. Seiring dengan perkembangan jaman, teknologi informasi pun ikut berkembang dengan pesatnya.

Perkembangan teknologi informasi sudah sangat diakui memberikan manfaat yang besar bagi kehidupan manusia. Perkembangan iptek dianggap sebagai solusi dari permasalahn yang ada, bahkan banyak orang memuja teknologi informasi sebagai media yang akan membebaskan mereka dari segala permasalahan yang muncul di dunia ini.

 

Teknologi informasi diyakini akan memberi kesenangan, kebahagiaan dan kesejahteraan. Sumbangan teknologi informasi terhadap peradaban dan kesejahteraan manusia tidaklah dapat dipungkiri lagi.

Sebab, saat ini semua informasi yang ada dari belahan dunia manapun dapat dengan mudah tersebar ke seluruh penjuru dunia dengan adanya network technology. Era digital yang menghubungkan manusia dengan sistem internet ini membuat dunia sempit, karena dengan mudah dan cepatnya suatu informasi tersebar melalui internet.

Menyikapi hal ini, Walikota Payakumbuh, Riza Falepi dalam periode kepemimpinannya yang kedua bertekad untuk mewujudkan Payakumbuh sebagai SmartCity. Meski dilakukan secara bertahap, namun hasilnya sudah mulai jelas terlihat.

 

Bahkan saat ini, untuk urusan efektifitas pengawasan pembangunan, Pemko Payakumbuh melalui kolaborasi antara  Diskominfo dan Inspektorat telah mampu memanfaatkan technology dengan aplikasi SiWASPADA atau Sistem Informasi Pengawasn Pembangunan Daerah. Aplikasi ini merupakan backbone atau aplikasi dasar yang bisa dikembangkan sesuai dengan kebutuhan Inspektorat, untuk memantau kinerja tim fungsional pengawas di tiap OPD sampai dengan rekam data pengelolaan atas Laporan Hasil Pemeriksaan, baik dari Inspektorat, LHP BPKP maupun BPK.

Bahkan hebatnya lagi, kedepannya aplikasi ini bisa dikembangkan melalui pengintegrasian dengan aplikasi pengelolan keuangan daerah atau SIPKD, sehingga Inspektorat dapat melakukan pengawasan secaca langsung begitu transaksi keuangan dicatat dalam SIPKD, dokumen pertanggung jawaban belanja, meliputi kwitansi, faktur, laporan pekerjaan bisa di upload sekaligus dari SIPKD yang kemudian bisa dimonitor dari aplikasi SiWASPADA ini.

Menurut Kepala Diskominfo Kota Payakumbuh, Elvi Jaya, dengan berjalannya sistem ini diharapkan akan semakin banyak pekerjaan di masing-masing OPD yang bisa di integrasikan, sehingga efektifitas dan efesiensi pekerjaan dari aparatur sipil Pemko Payakumbuh akan lebih baik. 

Pasang CCTV Untuk Pantau Kondisi Lalin Persimpangan

 

Pemanfaatan tekhnologi di kota Payakumbuh, tak hanya digunakan untuk system informasi perkantoran saja, namun kota ini juga telah memanfaatkannya untuk memantau arus lalu lintas di persimpangan dengan memasang CCTV di dua persimpangan, yaitu persimpangan Kasda dan persimpangan Tugu Adipura yang langsung terkoneksi dengan pos Satlantas Polres Payakumbuh.

Selain untuk memantau kedisiplinan para pengendara, ujar Elvi Jaya, juga sebagai camera pemantau ketika masyarakat kehilangan sepeda motor di parkiran yang terjangkau camera tersebut. Dan hasilnya, sebagian besar kasus curanmor telah terungkap setelah pihak kepolisian meminta rekaman CCTV tersebut. Selanjutnya, kedepan Pemko Payakumbuh akan berupaya untuk menambahkan pemasangan CCTV di sejumlah titik lainnya, diantaranya di pertigaan masjid Muhammadyah, Simpang Benteng, Labuah Basilang, Jalan lingkar utara, dan perempatan simpang Napar.

Diskominfo Payakumbuh Pasang Internet di Setiap OPD Hingga Kelurahan

 

Tak puas dengan sejumlah program yang telah direalisasikan, kota Payakumbuh kembali melakukan sebuah inovasi berbasis technology internet. Melalui Dinas Kominfo, kota ini kembali memasang jaringan internet di setiap kelurahan dan OPD yang ada di Payakumbuh.

Menurut Elvi Jaya, hingga saat ini telah terpasang di 48 Kelurahan dan 30 OPD. Kedepannya, surat menyurat yang sebelumnya dilakukan secara manual, akan menjadi lebih mudah  dengan melalui E- mail.

“Kominfo juga tengah mengembangkan aplikasi internet agar kepala daerah lebih gampang memonitoring setiap kinerja di setiap instansi,” terangnya.

Diskominfo Payakumbuh Jadi Tujuan Belajar Oleh Berbagai  Sejumlah Daerah

Ternyata, keberhasilan pemerintah kota Payakumbuh dalam pemanfaatan technology internet dan penerapan system ITE mampu membuat sejumlah daerah tetangga menjadi penasaran dan ingin belajar ke Dinas Kominfo daerah berjuluk kota Gelamay ini.

 

Buktinya, bebebrapa waktu lalu Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Tanah Datar, dipimpin Mustafa Akmal dan Diskominfo Kota Solok, dipimpin Zulfahmi Nazar, melakukan studi banding menyangkut komunikasi dan informatika ke Diskominfo Kota Payakumbuh.

Kedatangan rombongan itu disambut langsung oleh Kepala Diskominfo Kota Payakumbuh, Elvi Jaya didampingi Kabid Humas Henry Waluyo dan Kabid e-Government Armein Busra, dan sejumlah pejabat Diskominfo Payakumbuh lainnya.

Dihadapan rombongan tersebut, Elvi Jaya menyampaikan bahwa untuk kegiatan kehumasan saat ini Diskominfo Payakumbuh telah menerapkan beberapa aplikasi untuk menyebarluaskan kegiatan kepada masyarakat, seperti Siwarta (Aplikasi Wartawan), e-Kliping, dan Siwaspada.

“Selain itu, untuk mendukung penyebaran informasi, Bidang e-Goverment telah melakukan pemasangan instalasi internet sampai ke Kecamatan dan Kelurahan se Kota Payakumbuh,” terang Elvi.

Dalam pertemuan itu, pun didiskusikan menyangkut pelayanan kepada para wartawan yang bertugas di Kota Payakumbuh dan pengalaman Tanah Datar dan Kota Solok dalam kegiatan komunikasi dan informatika, dan hal lainnya. (**)







Komentar : 0


Nama

Email

Komentar



(Salin kode keamanan diatas)