Parsenibud

Menikmati Sejuknya Alam Goa Lawa Sembari Menggambar

Warta Andalas | Kamis, 06 November 2014 - 07:12:39 WIB | dibaca: 994 pembaca

WARTA ANDALAS, PURBALINGGA - Lomba mewarnai gambar untuk anak usia dini di Obyek Wisata Goa Lawa Purbalingga, Rabu (5/11) berlangsung meriah. Sebanyak 1.050 anak usia dini dari wilayah kerja Unit Pelaksana Teknis (UPT) Dinas Pendidikan (Dindik) Kecamatan Karangreja dan Karangjambu mengasah kemampuan berkonsentrasi merampungkan mewarnai gambar pemandangan alam.

Kemeriahanpun bertambah dengan hadirnya Polisi Sahabat Anak dari Unit Pendidikan dan Rekayasa (Dikyasa) Satuan Lalu Lintas Polres (Satlantas) Purbalingga lengkap dengan maskot badut kuda zebra dan bebek air.

Ketua Himpunan Pendidikan dan Tenaga Pendidik Anak Usia Dini (HIMPAUDI) Kecamatan Karangreja Slamet Riyadi mengungkapkan, banyak manfaat yang didapat dari penyelenggaraan kegiatan ini, diantaranya dengan mewarnai gambar merupakan kegiatan yang menyenangkan bagi anak-anak usia dini. Belajar diluar kelas menjadikan anak tidak bosan serta mengenal alam secara langsung, serta mendapatkan bimbingan dari Polisi Lalu Lintas.

“Anak-anak dapat menuangkan imajinasi yang dimiliki serta merekam ilmu yang telah diberikan oleh para guru dan polisi yang hadir,”ungkap Slamet Riyadi disela-sela kegiatan.

Ia menjelaskan, tujuan kegiatan ini diantaranya sebagai media berekspresi, terapi, mengenal warna, melatih anak memegang pensil, kemampuan koordinasi dan mengembangkan kemampuan motorik.

“Dengan mewarnai gambar dapat mengembangkan kinerja otot tangan sekaligus mengembangkan kemampuan motorik anak. Kemampuan tersebut sangat penting dalam perkembangan aktivitasnya kelak, seperti dalam mengetik, mengangkat benda dan aktivitas lainnya dimana dibutuhkan kinerja otot lengan dan tangan dalam prosesnya,”jelasnya.

Penilik Pendidikan Luar Sekolah (PLS) UPT Dindik Kecamatan Karangjambu Rumadi menambahkan, setelah kegiatan ini guru PAUD harus terus memperluas wawasan tentang gambar dan mewarnai gambar juga menambah skill menggambarnya agar semakin berkualitas.

“Kalau bisa ada diklat menggambar untuk guru-guru PAUD, supaya dapat mencetak anak usia dini yang berkualitas,”ungkapmya.

Rumadi mengatakan, kualitas karya anak secara umum menunjukkan kualitas emosional mereka yang baik. Mewarnai dapat melatih konsentrasi anak untuk tetap fokus pada pekerjaan yang dilakukannya meskipun banyak aktifitas lain yang terjadi di sekelilingnya.

“Suasana di luar kelas yang baru sangat menunjang konsetrasi.Anak-anak juga dapat mengamati serta mendapat ilmu tambahan berupa pengetahuan tentang Gua Lawa,”katanya.

Sementara itu, Kasat Lantas Polres Purbalingga AKP Sudarsono mengatakan, pihaknya tak henti-hentinya memberikan bimbingan penyuluhan (Binluh) tentang tertib berlalu lintas.Seperti kegiatan kali ini Satlantas Polres Purbalingga menerjunkan, Kepala Unit Dikyasa Iptu Nursusalit beserta, Brigadir Desi Mutiara Putri dan Brigadir Teguh Riyanto untuk berinteraksi langsung dengan anak-anak. “Kapanpun dan dimanapun kami siap memberikan binluh tertib berlalu lintas,”tegasnya

Sementara itu Kepala Bidang Pariwisata Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) Kabupaten Purbalingga Prayitno menyambut baik pelaksanaan kegiatan yang memilih tempat di Obyek Wisata Gua Lawa.

Pasalnya, ada dua manfaat yang didapat. Pertama anak akan merekam ilmu yang didapat dari penjelasan pemandu wisata dan gurunya tentang terbentuknya Gua Lawa.Kedua anak akan bercerita tentang keunikan gua lawa serta kebanggaan sebagai anak Purbalingga yang memiliki Gua Lawa kepada teman-temannya.

“Pesan berantai tentang keunikan Gua Lawa akan tersampaikan kepada teman-teman sebayanya yang belum pernah melihat Gua Lawa,”jelas Prayitno.

Prayitno menambahkan, Dinbudparpora Kabupaten Purbalingga baru-baru ini telah meluncurkan program paket wisata Soedirman. Program anyar ini bertujuan untuk menggugah semangat nasionalisme dan pantang menyerah, khususnya bagi para siswa.

“Paket wisata ini juga bisa dipakai pihak sekolah yang memindahkan pembelajarannya diluar sekolah seperti yang disarankan Gubernur Jateng Ganjar Pranowo pada akhir tahun lalu,”ungkap Prayitno. (humas)





Komentar : 0


Nama

Email

Komentar



(Salin kode keamanan diatas)