Opini

Oleh: Anisa Azinar (Mahasiswa Ilmu Kesehatan Masyarakat Unand)

Membahas Perilaku Remaja Zaman Now

Warta Andalas | Selasa, 11 Desember 2018 - 22:02:26 WIB | dibaca: 1583 pembaca

 

Remaja, apa itu sih remaja?. Apa yang dilakukannya?. Nah, berbicara seputar remaja ,kita harus tau terlebih dahulu arti remaja itu. Remaja merupakan suatu peralihan dari jiwa anak-anak menuju dewasa. Remaja pada saat sekarang diperlukan jiwannya untuk banggsa ini, sebagai generasi penerus bangsa nantinya yang berintegritas.

Remaja yang berintegritas memang tidak mudah diraih dan didapat, perlu usaha dan keyakinan yang sungguh-sungguh. Remaja yang seperti ini yang sangat diharapkan,remaja yang berprestasi dan mengekspresikan dirinya untuk hal yang positif dan bermanfaat.

Banyak remaja di dunia ini, perilaku yang berbeda-beda, kepribadian yang berbeda, pemikiran yang bermacam, dan lingkungan yang berbeda-beda. Tidak semua remaja itu memahami bahwasanya mereka mempunyai kemampuan, cenderung mereka hanya terlena kepada kemewahan teknologi, semua serba ada, yang membuat mereka tidak memperhatikan bahwasanya mereka itu penting.

Memang tidak semua remaja yang berintegritas, tapi pada saat ini banyak pula perilaku remaja yang menyimpang pada  kodratnya sebagai anak bangsa. Kemajuan teknologi memang penting, akan tetapi pengaruhnya kalau kita tidak bisa menahan diri, kita akan selalu terjerumus terlena,sehingga melupakan kewajiban. 

Pengaruh era digital, kalau tidak menggunakannya secara bijak, akan banyak dampaknya. Lihat bagaimana kondisi sebagian besar remaja pada saat ini. Pengaruh luar yang di dapatkan dari penggunaan teknologi yang salah ini, membuat mereka, generasi muda yang diharapkan perlahan rusak, walaupun tidak semuanya remaja yang seperti itu.

Semua bisa di akses, bisa dicari, perilaku buruk, dan memnyimpang seperti berpacaran yang lagi trend, yang kalau tidak punya pacar itu cupu, itu ada pada saat ini. Remaja putri yang sibuk menampilkan tubuhnya gaya berpakaian untuk menarik lawan jenisnya. Semua kembali  kepada mereka, mereka yang merasakan, mereka yang menanggung dampaknya. Tidak ada hambatan bagi mereka, semua itu bisa mereka lakukan. Nah, dimana generasi yang berintegritas yang diharapkan itu?. Hilang karena pengaruh teknologi?. Entah bagaimana generasi remaja yang diharapkan ini.

Remaja itu emosinya dan cara berpikirnya masih sangat labil, ini tugas keluarga, guru, dan kita sebagai yang peduli  kepada mereka generasi yang diharapkan nantinya oleh bangsa ini, semua ini belum terlambat semua bisa ditanamkan dipupuk, secara baik, untuk menumbuhkan semangat mereka, supaya bisa mengeluarkan kemampuan mereka. Semoga remaja kedepannya, pandai menggunankan teknologi yang bijak, dan menjadi remaja yang berintegritas yang diharapkan bangsa ini. (**)


 





Komentar : 0


Nama

Email

Komentar



(Salin kode keamanan diatas)