Lintas Provinsi

Masyarakat Kecamatan Bisa Daftar JKN-KIS Lewat Dropbox

Warta Andalas | Rabu, 17 Mei 2017 - 10:09:59 WIB | dibaca: 152 pembaca

WARTA ANDALAS, ATAMBUA- Masyarakat Kabupaten Belu yang berada di kecamatan – kecamatan dalam waktu dekat akan diberi kemudahan dalam melakukan pendaftaran sebagai peserta JKN-KIS, pasalnya BPJS Kesehatan kini telah memperluas kanal-kanal pendaftaran yang dapat diakses oleh masyarakat. Selain mekanisme pendaftaran melalui telepon yaitu lewat BPJS Kesehatan Care Center 1500-400, BPJS Kesehatan Kantor Cabang Atambua juga telah mengembangkan strategi kemudahan melalui Sistem Dropbox yang akan di distribusikan ke semua kecamatan di Kabupaten Belu. 

“Melalui Droopbox ini kami mengharapkan masyarakat tidak mengeluh lagi mengeluarkan biaya transportasi hanya untuk ke kantor cabang sehingga beban transportasinya bisa diambil alih oleh BPJS, kita berharap juga masyarakat bisa menjaga dropbox ini. Saat ini kita sudah membuat 20 Dropbox, jadi memang target kita untuk bulan ini 20% untuk kecamatan yang sudah siap dan sampai akhir Agustus kita harapkan semua kecamatan telah memiliki Droopbox,”ujar Kepala Kantor BPJS Kesehatan Cabang Atambua, Endang Triyana Simanjuntak saat menggelar konfrensi pers bersama para awak media baik cetak maupun elektronik di lantai 2 Kantor BPJS Kesehatan Cabang Atambua, Senin (15/05/2017)

“Dropbox ditempatkan di Kantor Camat. Formulir dan petugas dari Kecamatan kita siapkan dengan biaya dari BPJS bantu warga isi formulir. Warga masukan formulir, berkasnya kita ambil, kalau lengkap kita cetak kartunya dan kirim kembali ke warga sesuai alamatnya,” Endang menambahkan.

Lebih lanjut Endang mengungkapkan, saat ini pihaknya telah melakukan proses perjanjian kerja sama dengan pemerintah kabupaten Belu untuk memperlancar pendistribusian dropbox sampai ditempatkan di setiap kantor kecamatan di wilayah Kabupaten Belu.

“Saat ini sudah proses perjanjian kerja sama sudah disampaikan ke bagian hukum dan tata pemerintahan Setda Belu, sesuai rencana kami akan melakukan audiensi dengan Bapak Sekda Belu. Beberapa persiapan teknis sudah kami lakukan pertama kami siapkan Dropbox nya. Kita sosialisasi lagi kepada para petugas yang berada di kecamatan, kita akan memanggil mereka melalui ijin Sekda setelah itu kita sampaikan bahwa dropbox ini siap digunakan,”ungkapnya

Masih menurut Endang, media dropbox sangat tepat untuk menjangkau sebagian wilayah kabupaten Belu yang belum terakses oleh jaringan telekomunikasi. Selain itu dalam kesempatan yang sama Endang juga menyampaikan terimakasih kepada Pemda Belu untuk kerja sama yang terjalin baik selama ini. 

”Saya berterimakasih sekali karena kabupaten Belu merupakan salah satu kabupaten yang sangat mendukung, kami mengharapkan agar pemda Belu juga bisa menambah lagi kuota bagi mereka yang miskin,”pungkasnya.

Sebagai informasi berdasarkan data yang diterima media ini persentase kepesertaan yang sudah menjadi peserta JKN sampai dengan bulan Mei 2017 untuk kabupaten Belu baru mencapai 57 % dengan rincian jumlah penduduk 244.056 jiwa, peserta non Penerima Bantuan Iuran (PBI) PNS/TNI/Polri/Pensiun sebanyak 32.603 jiwa, peserta mandiri sebanyak 16.286 jiwa, BU sebanyak 2.752; untuk PBI APBD sebanyak 8500 jiwa, PBI APBN sebanyak 79.377 jiwa dengan total 139.518 dan sisa 104.538(pkpsetdabelu)





Komentar : 0


Nama

Email

Komentar



(Salin kode keamanan diatas)