Padang

Marak Kriminalisasi, Wartawan di Sumbar Bakal Gelar Aksi Unjuk Rasa

Warta Andalas | Minggu, 04 Maret 2018 - 18:00:13 WIB | dibaca: 340 pembaca

WARTA ANDALAS, PADANG - Maraknya kriminalisasi terhadap awak media yang bertugas melakukan peliputan oleh aparat penegak hukum membuat sejumlah wartawan di Sumbar berencana akan melaksanakan aksi damai pada Senin, 5 Maret 2018 mendatang.

Koordinator Aksi, Randi Pangeran, Minggu 4 Maret 2018 mengatakan bahwa peserta aksi akan berkumpul di Gelanggang Olah Raga (GOR) H Agus Salim dan melakukan long march menuju Mapolda Sumbar dan Kejaksaan Tinggi Sumbar.

“Dalam menangani kasus pers, penegak hukum harus mengacu terhadap undang-undang (UU) Pers nomor 40 tahun 1999. Penegak hukum di Sumbar harus mengindahkan nota kesepahaman antara Dewan Pers dengan Polri dan Kejagung dalam melindungi kemerdekaan pers yang bertanggung jawab,” ucap Randi yang didampingi Penanggung Jawab aksi, Herman Tanjung di Padang.

Ia menilai, penegak hukum juga dinilai lamban dalam memproses hukum kepada tersangka yang telah dijerat dengan undang-undang pers di Sumbar.

“Aksi ini sebagai bentuk kepedulian dari awak media berbagai aliran, seperti media dalam jaringan (daring), cetak, dan elektronik. Tidak ada membawa nama organisasi, ini murni personal dari wartawan tersebut,” tuturnya.

Salah satu kasus pelanggaran UU Pers disebutkan Randi adalah pelarangan peliputan kepada awak media di Juliet Karaoke yang sudah hampir berjalan dua tahun belakangan.

“Dari tiga orang yang dilaporkan, baru satu orang yang ditetapkan sebagai tersangka, yaitu inisial R. Sementara dua orang lagi yaitu B dan A namanya hilang seiring perjalanan kasus tersebut,” tukasnya. (rs/IMO]





Komentar : 0


Nama

Email

Komentar



(Salin kode keamanan diatas)