Sijunjung

Maju di Pilkada Sijunjung, AKBP. Irwan Jaya, S.IK Siap Pulang Kampung

Warta Andalas | Senin, 08 Juli 2019 - 22:22:14 WIB | dibaca: 10122 pembaca

WARTA ANDALAS, SIJUNJUNG - Jelang Pilkada Sijunjung, Sumatera Barat, tahun 2020 mendatang suhu politik di daerah itu kian panas. Bahkan sejumlah tokoh-tokoh nasional dan lokal asal Ranah Lansek Manih itu diperkirakan bakal turun gunung untuk bertarung di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Sijunjung. Ada apa dengan Sijunjung.

Tak percaya? Dengar saja pengakuan dari sosok tokoh yang satu ini. "Jika masyarakat menghendaki saya sudah siap untuk maju di Pilkada Sijunjung. Untuk itu saya minta semua dukungan dari semua pihak," ucap AKBP Irwan Jaya, SIK putra asli Kabupaten Sijunjung yang lahir di Sungai Tambang pada 31 Juli 1975 silam itu pada awak media, Senin (8/7/2019).

Sosok Irwan adalah tokoh Sijunjung lamamelintang di Kepolisian Republik Indonesia dengan berbagai jabatan dan prestasi pun telah diraihnya. Masa pendidikannya dimulai di SD Negeri Sungai Tambang. Usai tamat di SD ia kemudian melanjutkan pendidikan di SMP Negeri 2 Tanjung Gadang (SMP N 11 Sijunjung-red) dan kemudian masuk SMA Negeri 2 Sijunjung.

Semasa sekolah Irwan juga dikenal aktif di organisasi, baik itu OSIS, Pramuka dan Team Cerdas Cermat SDN Sungai Tambang termasuk di SMP ia juga aktif di Pramuka dan juga pengurus OSIS. Bahkan disaat SMA, ia dipercaya sebagai Ketua OSIS 1993-1994, Paskibra tahun 1992 serta menjadi anggota pramuka DKC KWARAN Kabuparen Swl/Sijunjung tahun 1993-1995. Tak hanya itu, disaat SMA itu ia juga masuk dalam barisan Kirab Remaja Nasional tahun 1993, anggota Drumb Band Kwaran Kabupaten Swl/Sijunjung 1992-1994 dan juga pernah menjadi anggota Sispala Kabuoaten Swl/Sijunjung pada 1993-1995.

Setamat di SMA, Irwan pun masuk Akademi Polisi (Akpol) dan tamat tahun 1999. Ia dikenal sosok polisi yang tangguh dan bahkan Irwan pernah ikut dalam operasi penumpasan RMS di Maluku yakni, Mutiara IV, Mutiara IX dan Mutiara XII. Tak hanya itu, Irwan juga ikut dalam operasi penumpasan GAM di NAD dan Oplihkam serta Ops Tegak Rencong.

Pada tahun 2017, Irwan juga ikut dalam penumpasan Kelompok Teroris Santoso di Poso Ops Tinombala serta operasi penumpasan OPM di Papua Operasi Nemangkawi di Papua 2017 sampai sekarang. (sr)

 





Komentar : 0


Nama

Email

Komentar



(Salin kode keamanan diatas)