Solok

Luar Biasa, Baznas Kota Solok Hanya Beri Bantuan Pada Yang Sholat Berjamaah

Warta Andalas | Kamis, 24 Mei 2018 - 14:23:40 WIB | dibaca: 563 pembaca

WARTA ANDALAS, SOLOK - Sungguh luar biasa, Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Solok hanya akan memberi bantuan pada mustahik yang rutin sholat berjamaah dimesjid maupun mushola tempat domisili mustahik bersangkutan. Tujuannya, agar zakat yang disalurkan pada para mustahik oleh Baznas tepat sasaran dan penuh berkah serta mendapat ridho dari ALLAH SWT serta bermanfaat guna bagi penerimanya. Hal ini terungkap pada saat TSR V pemko Solok berkunjung ke mesjid At Tauhid kelurahan VI Suku.

Baznas merupakan lembaga nasional yang bertugas menyalurkan zakat Aparatur Sipil Negara (ASN) kepada para mustahik atau orang tidak mampu. Bantuannya beragam, mulai untuk bantuan pendidikan, ekonomi, modal usaha, bedah rumah, maupun bantuan dalam bentuk habis pakai berupa beras, bahan kebutuhan pokok, pakaian, seragam sekolah dan lainnya.

Kenapa zakat Baznas hanya diberikan pada individu maupun keluarga yang rutin sholat berjamaah dimesjid maupun mushola tempat domisili mustahik....?

H. Rusli Khatib Sulaiman anggota Baznas Kota Solok dan Ketua LKAAM Kota Solok mengungkapkan penyaluran zakat pada orang yang sholat semata untuk menyemarakan syiar islam dinagari Solok. Adat basandi syarak, syarak basandi kitabullah harus ditegakan. Caranya melalui Baznas Kota Solok yang penyalurannya harus tepat guna dan manfaat serta sesuai kriterianya dan namanya, yaitu zakat.

Zakat identik dengan islam dan penerima zakat pasti seorang muslim. Jika mustahik itu seorang muslim, dia pasti mengerjakan sholat wajib dengan cara berjamaah dimesjid. Terutama bagi laki-laki muslim sesuai anjuran Al Qur'an dan Hadist. Jadi, Kata H. Rusli, tidak ada alasan bagi para mustahik untuk tidak sholat wajib berjamaah dimesjid maupun dimushola tempat mereka domisili. Syaratnya mudah, KTP dan KK Kota Solok, Surat Keterangan Miskin dari kelurahan, Surat Keterangan Kuliah dari universitas, dan terakhir surat keterangan jemaah mesjid atau mushola yang dikeluarkan oleh pengurus mesjid. Baznas nantinya akan melakukan investigasi secara diam-diam untuk membuktikan mustahik tersebut jemaah mesjid atau mushola.

Antisipasi pemalsuan surat keterangan jemaah mesjid atau mushola, selain investigasi kelokasi, Baznas mempercayakan sepenuhnya pada pengurus mesjid atau mushola setempat. Jika berdusta dengan menerbitkan surat keterang aspal, sementara mustahik tidak rutin sholat berjamaah dimesjid atau mushola, azab ALLAH SWT sangat pedih.

Anggry Nursa, anggota DPRD Kota Solok, saat kunjungan TSR V pemko Solok pada Portal ini, menyatakan dukungannya atas terobosan yang dilakukan Baznas Kota Solok dalam menyalurkan zakat pada mustahik. Selain itu, ini semua merupakan bentuk dukungan Baznas pada pemko Solok dalam mewujudkan Kota Solok Kota Beras Serambi Medinah.(zfk)





Komentar : 0


Nama

Email

Komentar



(Salin kode keamanan diatas)