Sawahlunto

Sekjen LPM Drs. M Haris Subagio, MM:

LPM Harus Mampu Berpartisipasi Dalam Menggerakan Swadaya Gotong Royong

Warta Andalas | Selasa, 13 Mei 2014 - 23:41:46 WIB | dibaca: 912 pembaca

WARTA ANDALAS, SAWAHLUNTO - Sebagai cerminan otoritas dalam memberdayakan masyarakat di Desa atau di Kelurahan, hendaknya LPM mampu berpatisipasi dalam mengerakkan roda pembangunan serta berswadaya dan bergotong royong dalam kehidupan masyarakat.

”Sehingga akan terwujud kemandirian LPM sebagai wadah perencanaan, pelaksanaan dan pengendalian pembangunan yang bertumpu pada pemberdayaan masyarakatan di perdesaan” jelas Sekjen  LPM Pusat Drs. M Haris Subagio, MM dihadapan ratusan peserta Bimbingan Tekhnis LPM se- Kota Sawahlunto, di Gedung Pusat Kebudayaan, Selasa ini, (13/05).

Kata M. Haris, didampingi Walikota Sawahlunto Ali Yusuf, Ketua DPD LPM Provins Sumatera Barat, hubungan kerja LPM dengan Pemerintah Desa/ Kelurahan adalah sebagai Mitra Kerja Pemerintah dalam subsistem pembangunan untuk membentuk kerjasama dalam mengerakan swadya gotong royong masyarakat dalam rangka melaksanakan pembangunan yang berbentuk partisipatif dan berkelanjutan.

“Intinya  adalah hubungan yang bersiat saling membantu, ketika telah mendapat persetujuan dari pemerinta Desa atau Kelurahan” sebutnya.

Sedankan hubungan kerja dengan lembaga atau organisasi kemasyarakatan lainnya, seperti RT/RW, Karang Taruna, PKK, hanya bersifat koordinatif saja.

” Hubungan kerja ini wajib dipahami oleh seluruh anggota LPM tanpa kecuali” ucap M Haris.

Dilain pihak Walikota Ali Yusuf sangat merespon paparan yang diuraikan Sekjen LPM Pusat terhadap eksistensi LPM dalam memberdayakan masyarakat serta hub ungan kerja dengan Pemerintah Desa atau Kelurahan.

Untuk itu Ali Yusuf berpesan agar LPM dapat menjadi motivator berbedayaan masyarakat di lingkungannya  serta bisa pula sebagai fasilitator penyampaian aspirasi kepada Pemerintah Kota Sawahlunto.

”Pemko menunggu peran serta LPM dalam pembangunan” aku Ali Yusuf. (Er yanto Melhisi)





Komentar : 0


Nama

Email

Komentar



(Salin kode keamanan diatas)