Sawahlunto

Longsor Timpa Rumah Warga Lontiak Malaweh

Warta Andalas | Kamis, 04 Mei 2017 - 14:38:58 WIB | dibaca: 141 pembaca

WARTA ANDALAS, SAWAHLUNTO - Bencana tanah longsor terjadi di Desa Pasar Kubang Kecamatan Lembah Segar Kota Sawahlunto, satu rumah rusak tertimpa material tanah, beruntung kejadian tersebut tidak sampai menimbulkan korban jiwa.

Tanah longsor menimpa rumah milik Bujang Saleh (52), warga dusun Lontiak Malaweh, Rabu (3/4) sekitar pukul 19.30 WIB itu, akibat desakan material longsor dari tebing yang ada di samping rumah, sehingga menyebabkan tembok ruangan keluarga jebol.

"Sebelum kejadian ini, wilayah sini memang diguyur hujan lebat sedari sore hari, namun ketika akan masuk waktu salat isya, pukul 19.30, tiba-tiba tanah yang disamping itu melorot dan menimpa dinding rumah. Tinggi tebing ada sekitar 15 meter," kata Bujang.

Sebelum kejadian sebutnya, didalam rumah ada tiga orang, dan kebetulan dua orang yakni anaknya sudah masuk kedalam kamar, sedangkan kakaknya tengah membuat mie instan didapur, beberapa saat kemudian terdengar suara gemuruh dari sampung luar rumah, ketika dilihat ternyata dinding ruang tengah ambruk dihantam longsoran tanah.

"Untungnya saat itu anggota keluarga sedang tidak beraktivitas diruang tengah itu atau berada diruangan lain sehingga tudak sampai menjadi korban," ujarnya.

Untuk mencegah terjadinya longsor susulan, puluhan warga di bantu aparatur Bhabinkamtibnas bergotong royong membersihkan material tanah yang ada didalam ruangan tengah dan dapur rumah. Mengingat banyaknya material longsor itu, pihak Bujang berharap pemerintah kota melalui instansi terkait bisa memberikan bantuan alat berat untuk pembersihannya. Meski saat ini sudah dikerjakan secara gotong-royong dengan warga sekitar, namun juga diperlukan tenaga personil dari PBD.

Menurutnya, tebing yang ada disamping saat ini masih cukup labil dan rawan terjadi longsor susulan. Untuk itu lanjutnya, selain membersihkan rumah, kami juga fokus untuk membuat saluran air diatas.

"Dan jika sudah ada bantuan terpal, maka akan dipasang guna menutupi rengkahan tepi tebing itu," katanya.(Ry)





Komentar : 0


Nama

Email

Komentar



(Salin kode keamanan diatas)