Sawahlunto

Lomba Souvenir Batubara Ramaikan Pameran Ombilin Coal Mining Heritage of Sawahlunto

Warta Andalas | Sabtu, 06 Juli 2019 - 21:13:16 WIB | dibaca: 10189 pembaca

WARTA ANDALAS, SAWAHLUNTO - Sebanyak 12 kelompok siswa Sekolah Lanjutan Tingkat Atas (SLTA)  se kota Sawahlunto mengikuti workshop dan lomba membuat souvenir atau kerajinan dari bahan batubara.

Kegiatan yang digelar Balai Pelestarian Cagar Budaya Sumatera Barat Batusangkar  itu digelar diarena Pameran Ombilin Coal Mining Heritage of Sawahlunto di Gedung Pusat kebudayaan kota ini, Sabtu (6/7).

Koordinator Pelaksana workshop dan lomba membuat souvenir batubara Rafki menyatakan kegiatan lomba keratifitas kerajinan tangan atau souvenis dari bahan batubara yang didahului dengan workshop oleh pengrajin ini adalah rangkaian kegiatan Pameran Ombilin Coal Mining Heritage of Sawahlunto.

“Para peserta tak hanya diberikan pelatihan yang dikoordinir Junaidi atau yang akrab disapa “mas Ulik”, juga diberikan peralatan dan kebutuhan untuk mengikuti lomba souvenir,“ jelas Rafki Sabtu (6/7).

Kegiatan ini, sebut Rafki, agar kerajinan keterampilan atau souvenir dari batu bara ini juga diminati yang juga memiliki daya kreasi serta inovasi agar mengairahkan pariwisata dikota ini. Dan sekaligus
mewariskan kepada  generasi muda kerajinan yang tetap menjadi ciri khas dari kota Sawahlunto.

“Disamping semua peserta mendapatkan perlengkapan dan piagam, untuk para pemenang atau juara panitia menyediakan uang pembinaan sebesar Rp3 jura juara I, juara II sebesar Rp2 juta dan jura III sebesar Rp1juta,” sebutnya.

Selain Workshop dan Lomba Souvenir Batubara, pada rangkaian kegiatan pameran atas kerjasama BPCB bekerjasama dengan Pemko Sawahlunto ini digelar pula lomba membuat sketsa dengan objek cagar budaya yang ada di Kota Sawahlunto.

Serta untuk melestarikan bahasa Tangsi sebagai percakapan sehari-hari, Panitia juga mengadakan lomba pidato dengan menggunakan bahasa tangsi dan Lomba Jelajah Kota Tua yang diikuti pramuka gugus depan Penegak dikota ini. (TAS)





Komentar : 0


Nama

Email

Komentar



(Salin kode keamanan diatas)