Sawahlunto

Lisda Hendrajoni Lantik Pengurus IPEMI Sawahlunto Periode 2020 – 2025

Warta Andalas | Sabtu, 04 Januari 2020 - 11:09:44 WIB | dibaca: 10297 pembaca

WARTA ANDALAS, SAWAHLUNTO - Bertempat di Gedung Pusat Kebudayaan (GPK), Ny. Hj. Lisda Hendrajoni melantik serta mengukuhkan kepengurusan Ikatan Pengusaha Muslimah Indonesia (IPEMI) kota Sawahlunto, Jum’at (3/1/2020).

Menurut Ketua Panitia pelaksana kegiatan, Fuji Rahayu Ninghrom, SE, pembentukan IPEMI di Sawahlunto berawal dari ditunjuknya ia oleh Lisda Hendrajoni untuk membawa IPEMI ke Sawahlunto, yang kemuidan dilanjutkan dengan melakukan recruitment serta penggalangan para muslimah pengusaha yang ada di kota ini.

“Kita ingin ke depan IPEMI Sawahlunto bisa menjadi yang terbaik dan menjadi contoh bagi IPEMI daerah lainnya,” harapnya.

Dihadapan Walikota serta Ketua DPRD Eka Wahyu, SE, Fuji yang akrab disapa Bunda Ayu ini juga menyampaikan harapannya agar Pemko dapat melibatkan IPEMI dalam setiap kegiatan, sehingga organisasi yang baru lahir ini akan dapat lebih cepat tumbuh dan berkembang sebagaimana yang diharapkan bersama.

“Kami ibarat Bayi yang baru lahir. Untuk itu, Pak Wali, kami mohon dilibatkan dalam kegiatan-kegiatan Pemko untuk mendukung percepatan kemajuan kami,” pintanya.

Dalam sambutannya, Ketua IPEMI Sumbar, Hj. Lisda Hendrajoni mengatakan bahwa Ikatan Pengusaha Muslimah Indonesia, atau yang disingkat IPEMI, adalah sebuah organisasi kemasyarakatan yang dibentuk dan didirikan untuk meningkatkan peran dan kontribusi Pengusaha Muslimah dalam pemberdayaan ekonomi masyarakat, menuju kemandirian ekonomi yang berkepribadian Indonesia dan berakhlakul karimah.

“Alhamdulillah di Sumatera Barat ini sudah terbentuk di 19 kabupaten/kota, dan hari ini kita mengukuhkan kepengurusan di kota Sawahlunto untuk periode 2020 – 2025  ini, yaitu Defrita Nelly sebagai Ketua, Fuji Rahayu Ninghrom sebagai Sekertaris dan Idrayeni sebagai Bendahara, serta berbagai pengurus bidang lain,” terangnya.

Lebih jauh, wanita yang juga merupakan anggota Komisi 8 DPR RI dari Fraksi Nasdem itu mengatakan bahwa pembinaan UMKM dan program ekonomi kerakyatan di Sawahlunto akan diwujudkan melalui bantuan modal usaha kepada Kelompok Usaha Bersama (Kube).

Dikatakannya, bantuan juga akan diberikan kepada koperasi dan penyandang disabilitas yang kini sudah berjalan melalui program kemandirian, seperti belajar membatik, bantuan modal usaha dan program pembinaan dari pemerintah pusat yang takan disalurkan dalam APBN 2021.

Sementara itu, Ketua IPEMI kota Sawahlunto terpilih, Defrita Nelly, SE atau yang kerap disapa Rista bayis itu mengatakan bahwa hingga saat ini, sedikitnya telah terkumpul sebanyak 80 orang pengusaha muslimah yang ada di Sawahlunto ini.

“Semuanya terdiri dari berbagai bidang usaha, dank e depan kita akan membuat sebuah Gallery atau kedai untuk menampung semua hasil usaha dari seluruh anggota,” sebutnya.

Kepada seluruh stakeholder yang ada di kota ini, ia juga meminta doa dan dukungan untuk kemajuan organisasi yang dipimpinnya.

Menanggapi hal itu, Walikota Sawahlunto Deri Asta berharap agar hendaknya organisasi ini dapat bersinergi dengan pemerintah daerah, sehingga akan terwujud percepatan kemajuan ekonomi yang lebih baik.

“Saya sangat mengapresiasi berdirinya IPEMI di kota ini, dan saya berharap organisasi ini akan mampu untuk mendorong para wanita pengusaha muslimah untuk dapat terus berkembang dalam menjalankan roda usahanya,” ujar Wako.

Usai pelantikan pengurus IPEMI, acara tersebut juga diwarnai dengan peragaan busana atau Fashion Show busana berbahan Songket, hasil desain dari Ellen Songket yang dibawakan oleh sejumlah model cantik asal kota arang Sawahlunto.

Dari pengamatan media ini, pelantikan tersebut juga dihadiri oelh sejumlah pengurus IPEMI daerah lainnya, diantaranya IPEMI kota Padang, Solok, Payakumbuh serta sejumlah daerah tetangga lainnya. (ap)





Komentar : 0


Nama

Email

Komentar



(Salin kode keamanan diatas)