Sawahlunto

Lawan Berita Hoax, Kemenag Kota Sawahlunto Jalin MoU dengan DPW IMO Sumbar

Warta Andalas | Kamis, 26 April 2018 - 20:43:47 WIB | dibaca: 365 pembaca

WARTA ANDALAS, SAWAHLUNTO – Bertempat di aula Hotel Ombilin, Kamis (26/4) Kepala Kantor Kementrian Agama (Kakan Kemenag) kota Sawahlunto menandatangani nota kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) dengan Ikatan Media Online (IMO) Sumatera Barat.

Penandatanganan MoU yang dilaksanakan disela Rapat Kerja Internal di lingkungan Kemenag tersebut, merupakan tindak lanjut dari saran dan usulan serta pendapat yang disampaikan IMO serta sejumlah tokoh masyarakat saat Kemenag Sawahlunto menggelar diskusi Lintas Agama yang melibatkan para pemuka agama, tokoh masyarakat serta berbagai unsure lainnya, beberapa waktu lalu.

 

Menurut Kepala Kantor Kementrian Agama kota Sawahlunto, Drs. H. Marjanis, M.Pd, dalam kemajuan tekhnologi khususnya dunia internet saat ini, sangat diperlukan kecepatan informasi. Apalagi, belakangan ini media internet telah banyak digunakan oleh orang yang tidak bertanggungjawab untuk menyebarkan berita-berita yang mengandung Sara, ujaran kebencian, Provokasi dan informasi Hoax yang berpotensi memecah belah kerukunan umat beragama dan bangsa.

 

“Untuk itu, dengan adanya MoU dengan Ikatan Media Online (IMO) ini diharapkan dapat melawan serta mengantisipasi adanya hal tersebut,” ujarnya.

Selain itu, lanjut Marjanis, kita juga meminta kepada IMO agar dapat lebih memperbanyak berita-berita tentang keagaman, sehingga informasi-informasi baik program maupun kegiatan tentang keagamaan dapat lebih cepat sampai ke tengah masyarakat.

“Hal ini juga sesuai dengan program pemerintah kota Sawahlunto, yang salahsatunya adalah mewujudkan masyarakat yang religius,” ungkapnya.

Dalam kesempatan itu, Dihadapan Kakanwil Kemenag Sumatera Barat H. Hendri, S.Ag, M.Pd dan Asisten II Setdako Sawahlunto H. Asril, S.Pd, M.Pd, Marjanis juga menyampaikan rasa syukurnya atas kerjasama yang baik dengan Pemerintah kota ini.

“Alhamdulillah, Pemerintah kota Sawahlunto selalu mendukung setiap program kita, dan begitu juga sebaliknya, Kami dari Kemenag juga membantu dan mendukung kegiatan Pemda seperti Magrib Mengaji dan Subuh berjamaah,” sebutnya.

 

Sementara itu, Kakanwil Kemenag Provinsi Sumbar, H. Hendri, S.Ag, M.Pd menyambut baik dan mengapresiasi adanya jalinan MoU itu. Ia berharap agar kerjasama ini akan mendatangkan manfaat bagi kedua belah pihak, khususnya dalam melawan berita hoax dan melakukan syiar agama.

Selain dengan DPW IMO Indonesia Sumbar yang turut dihadiri Ketua Bidang Antar Lembaga Yuamran dan anggotanya Anton Saputra, dalam kesempatan tersebut Kemenag juga melakukan penandatanganan Mou dengan pihak bank Mandiri Syariah dan Bank Nagari Syariah.

Usai penandatanganan MoU itu, Ketua DPW IMO Indonesia Sumbar Amin Pratikno menyampaikan bahwa hal tersebut merupakan wujud dari tekad IMO yang akan terus konsisten dan dan berkomitment untuk memerangi berita berita hoax yang meresahkan masyarakat.

 

“Mudah-mudahan penandatanganan MoU dengan Kemenag kota Sawahlunto ini menjadi langkah awal bagi kemajuan IMO Sumbar, dan kami akan terus berupaya untuk melakukan MoU dengan berbagai institusi lainnya yang ada di Sumatera Barat ini sesuai arahan dari Ketua UMUM IMO Yakub F Ismail dan Sekjend M Nair Bin Umar,” pungkasnya. (tim)

 

Foto bersama usai penandatanganan MoU bersama IMO dan Bank Nagari Syariah serta Bank Mandiri Syariah cabang Sawahlunto





Komentar : 0


Nama

Email

Komentar



(Salin kode keamanan diatas)