Pariwara

Laporan: Heri Pamalis

Lantik Bupati dan Wabup Mentawai Terpilih, Gubernur: Soliditas Birokrasi Harus Jadi Perhatian Serius

Warta Andalas | Senin, 22 Mei 2017 - 22:01:43 WIB | dibaca: 277 pembaca

Gubenur Sumatera Barat, Irwan Prayitno mengatakan, “Pekerjaan Rumah yang tidak kalah penting yang harus segera dikerjakan pasangan Bupati - Wabup di Kabupaten Kepulauan Mentawai yang baru dilantik, adalah membangun soliditas di jajaran cabinetnya.

Pasalnya, Kepala Daerah sebagai pemimpin politis memerlukan dukungan tim yang kuat sejak awal, guna membangun daerah di tempat mereka memimpin.

 

Hal itu disampaikan Irwan Prayitno, usai melantik  Yudas Sabaggalet dan Kortanius Sabaleake sebagai Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Kepulauan Mentawai di gubernuran kota Padang, Senin (22/5).

Menurut Irwan Prayitno, meski membangun soliditas ini adalah urutan prioritas yang kesekian, namun membangun tim eksekutif yang kuat amat diperlukan mengingat kecepatan dan ketepatan dalam melayani masyarakat berangkat dari tim yang juga kuat.

“Catatan pentingnya adalah mutasi dan promosi tidaklah boleh berangkat dari basis kebencian dan kedekatan, melainan objektivitas atas kinerja. Meski jabatan politis, kepala daerah tetap harus menempatkan profesionalitas sebagai takaran tertinggi,” ujar Irwan.

 

Pekerjaan terbesar yang relatif penting juga dalam 100 hari pertama, adalah rekonsiliasi lokal. Kepala daerah, kata Irwan, harus memimpin dengan prinsip sinergis. Menang kalah sudah lewat, yang ada adalah bagaimana setiap kepala daerah mampu merangkul kelompok-kelompok masyarakat yang dulu berbeda pilihan.

Pilkada tidak boleh berjalan sepanjang tahun. Prinsipnya sederhana, yang menang merangkul yang kalah, yang kalah mendukung yang menang. Banyak program yang baik muncul dari kandidat lawan pada saat pemilihan. Tidak ada salahnya menempatkan program yang baik tersebut sebagai program kerja kepala daerah terpilih.

“Saya menghimbau agar rekonsiliasi lokal dalam rangka membangun sinergi menjadi perhatian kepala daerah terpilih. Tindakan ini juga menjadi takaran kebesaran jiwa seorang pemimpin,” harap Irwan.

 

Menanggapi hal itu, bupati terpilih Yudas Sabaggalet dan Kortanius Sabaleake usai dilantik mengatakan bahwa semua program prioritas utama yakni Trans Mentawai, Bandara Pesawat, Pelabuhan Kapal, Pendidikan serta Kesehatan menjadi keharusan yang mutlak.

“Kita akan merangkul seluruh masyarakat untuk membangun daerah yang sudah tertinggal ini, agar sejajar dengan daerah lain di Sumatera Barat,” tegasnya.

Selain melantik bupati dan wakil bupati terpilih di Aula Pendopo gubernur Sumbar, juga dilanjutkan dengan pelantikan ketua Tim penggerak PKK dan ketua Dekranasda Kabupaten Kepulauan Mentawai.

 

Pelantikan ini dilangsungkan serentak di ruang yang sama, namun pelantikan bupati dan wakil bupati dilakukan terlebih dahulu.

Pelantikan ketua penggerak PKK dan Dekranasda dilakukan untuk menggantikan ketua sebelumnya, yang dijabat oleh istri dari bupati terdahulu.

Setelah bupati dilantik, secara otomatis istri sang bupati ikut dilantik menjadi ketua penggerak PKK dan Dekranasda diemban oleh istri bupati. (**)





Komentar : 1
Obat herbal telinga berair akut
23 Mei 2017 - 07:54:18 WIB
Informasinya sangat bervariasi. ****://bit.ly/2q1cIV7 | ****s://t.co/TnI4JMUc6E
<<< 1 >>>


Nama

Email

Komentar



(Salin kode keamanan diatas)