Nasional

Lagi, IMO-Indonesia Kembali Salurkan Bantuan di Lokasi Bencana Sulteng

Warta Andalas | Jumat, 09 November 2018 - 08:16:37 WIB | dibaca: 76 pembaca

WARTA ANDALAS, PALU - Keterlibatan IMO-Indonesia dalam meringankan beban hidup terhadap Korban bencana di tiga Kanbupaten/Kota di Sulawesi Tengah, masing - masing Kota Palu, Kabupaten Donggala dan Sigi patut mendapat apresiasi. Di tengah situasi masyarakat yang serba kekurangan itu, IMO – Indonesia hadir dengan program peduli kemanusiaan memberikan bantuan berupa air mineral, perlengkapan dan makanan bayi serta beras dan mie instan serta ikan kering.

Kehadiran IMO Indonesia hingga menjangkau pelosok daerah terisolir Kecamatan Kulawi Selatan Kabupaten Sigi Sulteng merupakan wujud nyata kepedulian para Insan Pers yang berkecimpung di lembaga pers Independen yang dinakhodai Yakub F. Ismail serta beberapa dedengkot Pemilik dan Pemerhati Media Online lainnya di tingkat pusat dan daerah.

Tim relawan IMO Indonesia yang sejak awal berada dilokasi bencana langsung bergerak cepat dengan mendatangi para korban sambil menginventarisir kebutuhan mendasar, lalu berkoordinasi dengan pengurus DPP IMO Indonesia di Jakarta, sehingga diambil keputusan IMO Indonesia harus lebih proaktif dalam penanganan bencana alam yang berdampak luas terhadap kemanusiaan di Sulteng.

Alhasil bantuan tahap pertama berupa pakaian layak pakai bisa dikirim ke palu melalui Kargo Bandara Mutiara Sis Aljufri, kemudian menyusul bantuan tahap kedua melalui posko antara DPW IMO Indonesia Provinsi Gorontalo, kemudian didistribusikan ke Palu.

Memasuki tahap transisi penanganan Bencana di Sulteng, IMO Indonesia kembali hadir dengan membawa bantuan berupa kebutuhan air mineral yang menjadi barang langka di Lokasi pengungsian. Alhamdulillah 100 dos lebih air mineral didistribusikan ke lokasi pengungsian yang tersebar dibeberapa tempat di tiga Kabupaten Kota. Kemudian perlengkapan dan makanan bayi serta beras dan mie instan bahkan makanan siap saji juga disumbangkan ke warga yang membutuhkan.

Lola (34) pengungsi asal Bitomaru Kabupaten Sigi sangat berterima kasih kepada IMO Indonesia yang ikut peduli terhadap Korban bencana alam di Sulteng. Menurutnya selain beras dan mie instan, Lola juga pernah menerima bantuan IMO berupa pakaian layak pakai.”Kami sangat bersyukur atas kehadiran IMO dilokasi bencana,”ujar Lola.

Koordinator Tim Relawan IMO Indonesia Burhan Jawachir mengatakan IMO Indonesia turut hadir dalam penanganan bencana di Sulteng dengan menyerahkan bantuan kepada korban dibeberapa lokasi pengungsian. Ini dilakukan sebagai bentuk kepedulian IMO terhadap masyarakat yang mengalami cobaan dari Allah SWT. Bencana ini lanjut Burhan Jawachir harus dimaknai sebagai peringatan terhadap masyarakat yang masih hidup, kemudian mereka yang korban meninggal dunia semoga menjadi syahid dan keluarga yang ditinggal tetap tabah menerima kenyataan sebab semua itu datangnya dari Allah SWT. IMO-Indonesia turut merasakan kepedihan yang dirasakan korban, sehingga dengan sigap menyalurkan bantuan makan kepada korban.

Dikatakannya, Wilayah Kulawi Selatan Kabupaten Sigi yang ikut tertimbun lumpur akibat banjir bandang sehari setelah Gempa, tsunami dan likuidasi yang terjadi di kota palu juga menjadi sasaran penyaluran bantuan, baik tahap pertama maupun tahap kedua.

Ketua Umum DPP IMO Indonesia Yakub F. Ismail mengatakan bantuan IMO Indonesia yang terkumpul dari  DPW IMO Se-Indonesia telah disalurkan melalui tim yang ada di Palu Sulteng. Bantuan tahap kedua berupa air mineral dan bahan makanan sangat dirasakan manfaatnya bagi korban, sebab saat ini bantuan seperti itu sangat dibutuhkan warga. Olehnya Yakub sangat berterima kasih kepada rekan -rekan pengurus IMO dan simpatisan yang sudah ikut bergabung dalam penanganan korban bencana Sulteng.

Selanjutnya Yakub meminta kembali IMO Indonesia menyatukan gerak langkah dalam ikut serta membantu pemerintah, khususnya memerangi berita hoax. Dan kepada rekan- rekan DPW IMO Indonesia agar bisa ikut serta dalam Raker yang akan digelar di Pangkalpinang Babel pada Senin (12/11). (Muh/imo)





Komentar : 0


Nama

Email

Komentar



(Salin kode keamanan diatas)