Purbalingga

Kwarcab Purbalingga adakan Jambore Jota-Joti

Warta Andalas | Senin, 23 Oktober 2017 - 09:13:05 WIB | dibaca: 66 pembaca

WARTA ANDALAS, PURBALINGGA – Kegiatan Kepramukaan merupakan salah satu metode pembinaan generasi muda di era milenial seperti saat ini, salah satunya melalui kegiatan Jambore On The Air dan Jambore On The Internet (JOTA JOTI). Sebuah ajang yang memberikan kesempatan kepada seluruh anggota Pramuka di dalam maupun luar negeri untuk saling berkomunikasi melalui saluran Radio dan Internet. Di tahun ini, Kwartir  Cabang Purbalingga juga berperan aktif dalam kegiatan yang sudah dilaksanakan selam 60 tahun untuk Jota dan 21 tahun untuk Joti. Selama kurun waktu tiga hari dimulai tanggal 20 – 22 Oktober 2017 dipusatkan di Sanggar Bhakti Kwarcab Purbalingga.

Ratusan anggota Pramuka Penegak Pandega dari unsur Gugus Depan, Satuan Karya, Dewan Kerja Ranting, Ubaloka, Scout Journalist, Pasperda, Pramuka Peduli mengikuti kegiatan yang sudah rutin dilaksanakan mulai tingkatan Kwartir Nasional hingga tinggat gugus depan. Kali ini Kwartir Cabang Purbalingga bekerja sama dengan ORARI Lokal Purbalingga untuk pelaksanaan Jambore On The Air (Jota) dan salah satu operator Internasional untuk kegiatan Jambore On The Internet (Joti). 

Melalui kegiatan ini juga para peserta mendapat pengetahuan baru mengenai radio amatir, tata cara berkomunikasi via radio dan media komunikasi internet dengan memanfaatkan aplikasi khusus Joti diluar media sosial yang selama ini digunakan oleh masyarakat luas. Para peserta bisa saling bertukar informasi tentang kegiatan yang ada di masing-masing satuan. Jota Joti dilaksanakan secara serempak oleh anggota Pramuka yang ada di Indonesia.

Pada saat upacara pembukaan, Sekretaris Cabang Kwarcab Purbalingga Heru Prayitno, S.Pd. MPd menyampaikan bahawa dari tahun ketahun, kegiatan Jota Joti ini semakin diminati oleh anggota Pramuka Purbalingga, itu terbukti dengan peningkatan jumlah peserta yang cukup signifikan dibanding tahun-tahun sebelumnya. “Dengan perkembangan zaman yang sangat pesat, dibutuhkan media pembinaan generasi muda yang lebih modern dan bisa sejalan dengan generasi milenial yang ada saat ini. Jota Joti merupakan salah satu media pembinaan yang tepat bagi anggota Pramuka.” Tutur Heru Prayitno.

Ketua panitia penyelenggaraan Cahya Giwangkara mengharapkan bahwa kegiatan ini bisa memberikan bekal kepada anggota Pramuka untuk saling menjalin silaturahmi dengan anggota Pramuka yang ada di luar daerah bahkan di luar negeri. “Saya sangat berharap bahwa melalui kegiatan ini, anggota Pramuka bisa lebih memiliki kemampuan di bidang Radio Amatir dan komunikasi internet serta bisa memberikan dampak yang baik bagi kemajuan Gerakan Pramuka” Ungkap Cahya yang juga merupakan ketua Scout Journalist Kwarcab Purbalingga. (Ss)





Komentar : 0


Nama

Email

Komentar



(Salin kode keamanan diatas)