Sawahlunto

Kwarcab 0311 Pramuka Sawahlunto Timba Ilmu ke Deli Serdang

Warta Andalas | Jumat, 27 Desember 2019 - 17:07:53 WIB | dibaca: 10151 pembaca

WARTA ANDALAS, DELI SERDANG – Sebanyak 42 orang rombongan Gerakan Pramuka Kwartir Cabang 0311/ Sawahlunto yang terdiri dari unsure Lembaga Pemeriksa Keuangan Kwarcab, Pengurus Kwarcab, Pelatih, DKC, Kamabigus (Kepala Sekolah) Pembina Gugus Depan, Pamong Saka, Dewan Saka dan Dewan Ambalan serta wartawan, melaksanakan studi Comperatif ke Kwarcab Deli Serdang, pada minggu ke tiga Desember, pekan lalu.

Menurut Waka Kwarcab 0311/Sawahlunto, Ritu Karyanto, hal itu dilakukan untuk meningkatkan kapasitas dan kapabilitas serta kemajuan dalam pengelolaan pramuka di kota ini.

“Deli Serdang dikenal dengan julukan Kabupaten Pramuka, dan telah terbukti berhasil dalam melakukan regenerasi serta pembinaan terhadap kaum millennial, dan bahkan telah bertabur prestasi secara nasional,” ungkapnya.

Untuk itu, lanjut Ritu yang didampingi Suyanto Kabid Pemuda dan Olahraga Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga kota Sawahlunto, kita ingin menimba ilmu di Kwarcab ini, dan semoga akan banyak mendapatkan pelajaran yang bisa kita implementasikan di kota kita.

“Setelah kembali dari studi comperatif ini, kita berharap adanya kemajuan dalam pengelolaan Pramuka, sehingga kita dapat bersaing dan sejajar dengan daerah lain yang telah lebih dulu maju dari kita,” harapnya.

Dalam pengamatan media ini, Kwarcab Pramuka Deli Serdang juga memiliki Taman Kwarcab yang sangat luas, dan menurut informasi mencapai 2,5 hektar. Bahkan, di lokasi itu juga dilengkapi dengan bangunan asrama berkapasitas ratusan orang, lapangan upacara dan olahraga, gedung pertemuan atau aula, Musholla, kantor utama serta kantor pengurus dan berbagai sarana pendukung kegiatan lainnya.

Sementara itu, dalam sambutannya Waka Binawasa H. Muchlis Muchtar, SE mengatakan bahwa Pramuka merupakan garda terdepan dalam membangun geerasi muda atau kaum millennial.

“Gerakan Pramuka harus bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat, dan harus mampu bersinergi serta mampu membaca arah visi – misi pemerintah daerah,” terangnya.

Hal senada juga dikataan Sekertaris Kwarcab Deli Serdang, Yakub Madaranto saat menyampaikan ekspose tentang program kerja yang dilaksanakan Kwarcab Deli Serdang.

Tampak hadir dalam kesempatan tersebut, H. Surya Dharma Waka Hubungan & Kerja Sama antar Lembaga, Haris Wijaya Waka Bina Muda,  serta para Pembina Andalan diantaranya Imrah Wahyuni, S.Pd, DR. Bobby Indra Prayoga, MAP, Suryani S.Pd, MPd, Junaidi, SE, MAP, Usman Juliadi, SE, Sarijah, Sugiarti S.Pd, MPd, Nasib Sholihin, S.Pd, MAP, Wagino Sajali, S.Pd, MAP serta Eka Sukma Utary.

Usai mengikuti Studi tersebut, Ritu Karyanto juga mengatakan bahwa banyak ilmu yang telah ia dapatkan.

“Dari hasil pertemuan itu ada beberapa hal yang dapat kita jadikan rujukan kedepan, antara lain bahwa Pramuka harus meningkatkan kegiatan yang bersifat kepedulian masyarakat, dan Peningkatan pola Pendidikan dengan penerapan Prinsip Dasar dan Metode Kepramukaan dimana dititik beratkan pada potensi Anggota meliputi Kesukarelaan dan Swadaya peserta,” terangnya.

Selain itu, lanjut Ritu, hal yang juga perlu ditiru adalah Program Gerakan Deli Serdang Membangun (GDSM), dimana Kwarcab Deli Serdang melalui program Bumbung Kemanusiaan berhasil melakukan beberapa kali bedah rumah tidak layak huni.

“Kemudian juga ada pola manajemen persuratan yang perlu dicontoh, dimana undangan bagi Pengurus maupun Pelatih tidak harus pakai surat, tetapi cukup via SMS atau WA resmi pengurus. Pemakaian sistem ini cukup efektif untuk penghematan waktu dan biaya, serta tenaga,” pungkasnya. (ap) 

Ini link videonya:

https://youtu.be/O2fTkAwWHHY 





Komentar : 0


Nama

Email

Komentar



(Salin kode keamanan diatas)