Sawahlunto

Kunjungan Wisatawan Menurun, Camat Talawi Gagas Tour Jelajah Nagari

Warta Andalas | Kamis, 14 Februari 2019 - 20:41:00 WIB | dibaca: 101190 pembaca

WARTA ANDALAS, SAWAHLUNTO – Angka kunjungan wisatawan di sejumlah objek wisata yang ada di kecamatan Talawi cenderung terus menurun dalam beberapa tahun terakhir ini. Hal tersebut ditengarahi akibat tidak adanya inovasi serta minimnya sarana dan prasarana sebagai penunjangnya.

Menyikapi hal itu, camat Talawi, Asril Hasan, SH berinisiatif untuk menggagas sebuah event “Jelajah Nagari” yang akan dikemas dalam sebuah paket wisata.

“Melihat angka kunjungan wisatawan yang cenderung terus menurun, maka kita harus bisa menyiasatinya sehingga nantinya kota ini khususnya objek wisata yang ada di kecamatan Talawi akan kembali ramai dikunjungi oleh para wisatawan,” ujar Asril Hasan didampingi sejumlah staf kecamatan serta wartawan kota Sawahlunto, saat melakukan survey jelajah nagari di kawasan objek wisata Danau Biru, Kamis (13/2).

Diakui Asril Hasan, untuk jalan menuju Danau Biru memang kurang layak. Untuk itu, sebut dia, perlu adanya inovasi seperti angkutan seperti sewa motor dan mobil bak terbuka atau sejenis mobil offroad, agar wisatawan tidak merasa kesulitan dengan akses jalan yang seperti sekarang ini.

“Memang untuk pemerintah daerah tidak bisa menganggarkan pembangunan jalan ini, karena lokasi jalan ini berada dalam wilayah Kuasa Penambangan (KP) salahsatu perusahaan tambang batubara. Makanya kami menggagas adanya sebuah paket wisata Tour Jelajah Nagari, yang nantinya wisatawan tidak hanya mendatangi Danau Biru saja, tetapi juga akan mengelilingi nagari yang ada di kecamatan Talawi, dengan disuguhi pemandangan alam atau panorama yang indah,” terangnya.

Dengan paket wisata ini, lanjut Asril Hasan, saya yakin kunjungan wisatawan akan dapat meningkat.

Berikut link video lengkap survey jelajah nagari di kecamatan Talawi:

https://www.youtube.com/watch?v=yWs53b2gzis&t=265s





Komentar : 0


Nama

Email

Komentar



(Salin kode keamanan diatas)