Solok

KPU Kota Solok Sosialisasikan Pemutakhiran dan Penyusunan Tarlih

Warta Andalas | Sabtu, 05 Mei 2018 - 14:09:25 WIB | dibaca: 471 pembaca

WARTA ANDALAS, SOLOK - Komisi Pemilhan Umum (KPU) Kota Solok gelar sosialisasi tahapan pemutakhiran data pemilih dan penyusunan daftar pemilih tahun 2019, Sabtu (5/5) di D' relazion bersama pimpinan partai politik peserta pemilu tahun 2019, lembaga adat, tokoh masyarakat, dan wartawan cetak dan elektronik. Sosialisasi dihelat dalam rangka memberikan pemahaman pada masyarakat dan partai politik, tentang tata cara sistem pemilihan anggota legislatif tingkat Kabupaten dan Kota dan nasional. Pemilihan legislatif pada tahun 2019 depan dilakukan berdasarkan data yang dilakukan oleh petugas pantarlih dan pencocokan dengan E-KTP. 

Ketua KPU Kota Solok Budi Santosa menyebutkan dasar dilakukannya sosialisasi UU No. 7 Tahun 2017 tentang pemilihan umum. Peraturan KPU Nomor 5 tahun 2018 tentang perubahan atas peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 7 tahun 2017 tentang tahapan, program, dan jadwal penyelenggaraan pemilihan umum tahun 2019. Peraturan KPU Nomor 11 tahun 2018 tentang penyusunan daftar pemilih didalam negeri dalam penyelenggaraan pemilu.

Budi menyebutkan daftar pemilih adalah data pemilih yang disusun KPU Kab/Kota berdasarkan hasil penyandingan data p melakukan pemutakhiran. Sedangkan daftar pemilih sementara adalah kegiatan pemutakhiran data pemilih yang dilakukan oleh KPU dibantu PPK, PPS, dan Pantarlih. Begitu juga hasil perbaikan yang disingkat DPSHP adalah DPS yang telah diperbaiki berdasarkan masukan dan tanggapan masyarakat dan/atau peserta pemilu.

Untuk pemilih susupan atau pemilih yang bukan warga Kota Solok tapi pemilih tersebut berdomisili di Kota Solok dan dikawatirkan disusupkan agar ikut memilih calon-calon tertentu, kata Budi, sudah diantisipasi sedini mungkin. Diantaranya, pemilih harus memiliki dan membawa E-KTP kepetugas pantarlih sebagai bukti pemilih diwilayah Kota Solok. Begitu juga dengan para calon legislatif harus terdaftar didaftar pemilih tetap. Dan partai politik harus jeli dalam menetapkan calon legislatifnya, apakah bersangkutan sudah terdaftar dalam peserta pemilih atau belum. 

"Laporkan keluarga atau warga yang belum terdaftar ke KPU jika ada diantara keluarga dan warga Kota Solok yang belum terdata oleh petugas Pantarlih dengan membawa E-KTP" Kata Budi. (zfk)





Komentar : 0


Nama

Email

Komentar



(Salin kode keamanan diatas)