Sijunjung

KPRI Tunas Jaya Kecamatan Sijunjung-Lubuktarok Gelar RAT 2018

Warta Andalas | Minggu, 24 Maret 2019 - 07:29:20 WIB | dibaca: 153 pembaca

WARTA ANDALAS, SIJUNJUNG -Pelaksnaan Rapat Anggota Tahunan (RAT) KPRI Tunas Jaya, Kecamatan Sijunjung dan Kecamatan Lubuktarok, Kabupaten Sijunjung, tahun buku 2018, berjalan khidmat dan penuh kebersamaan. Soalnya RAT  KPRI yang beranggotakan guru di dua kecamatan itu semuanya hadir di Gedung Pertemuan Muaro Sijunjung, Sabtu (23/3/2019).

Menurut Ketua Panitia Pelaksana RAT, Nasril, Spd, pelaksanaan RAT tahun ini, dihadiri oleh limaratusan anggota yang terdiri dari seluruh SD yang ada di Kecamatan Sijunjung dan Lubuktarok. Selain guru SD, anggota saat sekarang juga ada dari pegawai kantor camat, Puskesmas, Dinas Dikbud, beberapa guru SMP dan SMA yang ada diwilayah kerja.

Kegiatan RAT ini, selain mengundang semua anggota, juga menghadirkan sesepuh pendiri, Ketua Dekopinda, Kepala Dinas Dagperinkop, Kepala Dinas Dikbud, Kepala Cabang BPD, camat dua kecamatan dan anggota istimewa." RAT tahun sengaja menghadirkan semua anggota dan mitra kerja," sebut Nasril.

Ketua KPRI Tunas Jaya, M.Yusuf, Spd, saat memberikan laporan menyebutkan bahwa kondisi KPRI sekarang beranggotakan 535. Bila dibanding tahun lalu (2017) terjadi penurunan anggota dari 585. Hal itu disebabkan adanya anggota yang pindah tugas dan meninggal dunia. Dilihat dari aset yang ada per 31 Desember 2018, sekitar Rp30,5 miliar.

Dari aset itu, 51 persen merupakan aset murni koperasi, sementara 49 persen modal dari pihak ke tiga. Dari 49 persen dana pihak ke tiga itu didominasi oleh tabungan anggota, dalam bentuk deposito dan tabungan simpatik. " Mudah mudahan tahun 2020, KPRI ini sudah menjadi koperasi mandiri, tanpa mengandalkan lagi dana pihak ke tiga," terang M.Yusuf.

Beranjak dari perputaran modal yang ada, tahun 2018 KPRI Tunas Jaya memperoleh SHU Rp109.031.303, sementara tahun buku 2017 Rp91.731.068, berarti RAT tahun ini SHU mengalami kenaikan 12 persen. SHU ini tercapai dari berbagai kegiatan, seperti Waserda, Simpan Pinjam, penjualan sepeda motor, elektronik, pelayanan klinik kesehatan.

Kiprah KPRI Tunas Jaya ini juga telah didukung oleh gedung yang sudah respresentatif, dengan fasilitas lantai dasar tempat parkir,  dilantai dua waserda dan pelayanan kesehatan, di lantai tiga sekretariat dan gedung pertemuan dengan kapasitas 200 orang. (sh/sr)





Komentar : 0


Nama

Email

Komentar



(Salin kode keamanan diatas)