Solok

Kota Solok Masuk Enam Nominasi PHBS Tingkat Nasional

Warta Andalas | Sabtu, 05 Mei 2018 - 00:08:07 WIB | dibaca: 526 pembaca

WARTA ANDALAS, SOLOK - Kota Solok masuk dalam enam nominasi Prilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) tingkat nasional. Kota Solok merupakan satu-satunya daerah Kabupaten Kota yang mewakili Sumateta Barat untuk ikut lomba PHBS tingkat nasional, setelah sebelumnya melewati seleksi ditingkat propinsi Sumbar. 

H. M. Safni, SE, MH, Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kota Solok, mengatakan untuk melaju ketingkat nasional diperlukan persiapan yang matang dan berkelanjutan. Seperti perubahan prilaku dan sikap mental masyarakat supaya berprilaku hidup bersih dan sehat, dengan memelihara serta menjaga lingkungan yang bersih termasuk RT/RW yang ada dikelurahan Sinapa Piliang.

Selain itu warga Sinapa Piliang harus mematuhi sepuluh indikator hidup bersih dan sehat. Diantaranya ketersediaan air bersih, lingkungan yang bersih, makan buah dan sayur yang cukup bagi warga dikelurahan tersebut, sanitasi yang layak dan memadai. Paling utama adanya kader dan petugas yang memadai serta siap membantu dan memandu masyarakat dalam membudidayakan pola PHBS.

Begitu juga pemahaman masyarakat terhadap prilaku hidup bersih dan sehat harus seragam sehingga tidak ada lagi masyarakat yang cuek dengan lingkungannnya, seperti buang sampah sembarangan ataupun merokok seenaknya dilingkungan warga lainnya yang tidak perokok, terutama dalam rumah tangganya sendiri.

Zul Elfian Walikota Solok menekankan PHBS tidak sekedar diperlombakan tapi bagaimana PHBS menjadi sebuah budaya sehingga keinginan warga Sinapa Piliang menjadi juara dalam lomba PHBS secara nasional dapat terwujud. Pola PHBS akan sulit diterapkan jika masyarakatnya tidak peduli dan tidak mau tahu dengan lingkungan sekitar.

Sehingga apa yang terjadi dengan lingkungannya dia tidak peduli dan bahkan menganggap PHBS bukan menjadi tanggungjawab, maka kondisi Sinapa Piliang yang sudah bersih, indah, dan nyaman akan kembali pada saat sebelum diperlombaka.

Contoh, merokok termasuk sangat berbahaya untuk kesehatan, dan warga ditantang untuk berhenti merokok serta diberi jaminan berupa reward bagi yang berhenti merokok akan dihadiahi uang sebesarr Rp. 750.000 perperokok. PHBS bukan sekedar lomba tapi diharapkan menjadi budaya bagi warga Sinapa Piliang dan Kota Solok. (zfk)





Komentar : 0


Nama

Email

Komentar



(Salin kode keamanan diatas)