Sawahlunto

Koramil 05/Tlw-Kodim 0310/SSD Lakukan Berbagai Kegiatan di Tengah Masyarakat

Warta Andalas | Senin, 04 Februari 2019 - 18:34:48 WIB | dibaca: 247 pembaca

WARTA ANDALAS, SAWAHLUNTO – Menindaklanjuti intruksi dari Dandim 0310/SSD, Letkol Infantri Irvan Yusri, S.IP agar seluruh jajarannya terus meningkatkan sinergitas dan harmonisasi dengan masyarakat, Koramil 05 Talawi kota Sawahlunto menggelar berbagai kegiatan di tengah masyarakat. Diantaranya, dengan melakukan sejumlah sosialisasi dan penyuluhan serta kegiatan kemasyarakatan lainnya.

Menurut Danramil 05/Talawi, Kapten Inf. Suryanto, kegiatan tersebut dilakukan untuk memupuk kemanunggalan antara TNI dan rakyat, serta sebagai upaya meningkatkan kesadaran dan kecintaan berbangsa dan bernegara bagi masyarakat yang ada di wilayahnya.

Ia berharap, dari kegiatan-kegiatan yang dilakukan di tengah masyarakat itu akan terciptanya kebersamaan antara TNI dan masyarakat yang saling bersinergi dan saling bahu-membahu menciptakan keharmonisan dalam bentuk kemanunggalan untuk membangun desa.

“Dengan terwujudnya Kemanunggalan TNI dengan rakyat, maka akan tumbuh rasa cinta dan bangga masyarakat kepada TNI. Sehingga dengan begitu akan meningkatkan jiwa nasionalisme dari masyarakat.” ujarnya.

Dari pengamatan Warta Andalas, dalam sepekan ini Koramil 05/Talawi telah melakukan serangkaian kegiatan, seperti mengunjungi Edi (45) salahseorang masyarakat binaan Babinsa yang tertimpa musibah meninggal dunia di dusun Sago desa Talawi Mudik. 

Selanjutnya, Babinsa Koramil 05/talawi juga melaksanakan pengarahan kepada Kelompok Tani (Poktan) di dusun Sawah Desa Talawi Hilir kecamatan Talawi.

Dalam kesempatan tersebut, Danramil 05/Tlw, Kapten Inf. Suryanto berpesan agar masyarakat tidak selalu hanya menunggu bantuan dari pemerintah, akan tetapi harus mampu melakukan terobosan dengan berbagai inovasi.

Dihadapan Kelompok tani itu, ia juga menyarankan agar para petani dapat menyiasati musim yang sedang terjadi. Apabila musim kering, diminta agar dapat beralih ke tanaman lain, sehingga lahan tidak dibiarkan saja menunggu musim hujan atau menunggu adanya aliran air.

Lebih jauh, Kapten Inf. Suryanto juga menyarankan agar mengusulan ke CSR untuk membantu alat pengaliran air dengan menggunakan HidroPump.

Selain memberikan penyuluhan tentang pertanian, Babinsa Koramil 05/Talawi-Dim 0310/SSD juga telah melaksanakan penyuluhan kepada kader kesehatan di desa-desa, guna menciptakan desa yang sehat dan Cerdas.

Dalam kesempatan itu, menyikapi keluhan sejumlah kader kesehatan yang mengaku minimnya honor yang diterimanya, Kapten Inf. Suryanto mengingatkan agar mereka jangan menilai minimnya honor yang diterima.

Sebab, ujar, Kapten Inf. Suryanto, apa yang telah mereka kerjakan merupakan sebuah bentuk pengabdian bagi masyarakat, bangsa dan Negara yang akan menjadi amal ibadah dan pahala sebagai bekal di akhirat kelak.

“Untuk itu, terus giatkan gerakan keluarga sadar kesehatan. Dan tolong dijaga sumber air bersih, jangan sampai tercemar limbah,” pungkasnya. (ap)





Komentar : 0


Nama

Email

Komentar



(Salin kode keamanan diatas)