Sawahlunto

Koramil 04/Mkb Gelar Komsos Bersama Komas di Taratak Bancah

Warta Andalas | Jumat, 05 Juli 2019 - 13:17:47 WIB | dibaca: 150 pembaca

WARTA ANDALAS, SAWAHLUNTO - Koramil 04/Mkb - DIM0 310/SS menggelar silaturrahmi dan komunikasi (Komsos) Sosial bersama komponen masyarakat (Komas) di wilayah teritorialnya, desa Taratak Bancah kecamatan Silungkang, Jum’at (5/7).

Menurut Danramil 04/Mkb Kapten Inf. Suryanto, selain merupakan arahan dari Dandim 0310/SS Letkol Inf. Dwi Putranto, S.A.P., M.I.Pol, kegiatan tersebut merupakan cara efektif untuk meningkatkan komunikasi dan menyemakan presepsi antara TNI dengan komponen masyarakat, sehingga akan dapat saling bertukar informasi dan bersinergi.

“Pertemuan seperti ini merupakan sarana yang efektif untuk memelihara dan meningkatkan kebersamaan, guna membangun komunikasi dialogis, sehingga dapat diperoleh kesamaan pandangan dalam memahami setiap permasalahan yang terjadi,” ujarnya.

Selain itu, Lanjut Suryanto, pertemuan ini juga bertujuan sebagai forum silaturahmi, sehingga bisa memperkuat hubungan emosional antara TNI dan seluruh elemen bangsa, sesuai salahsatu tugas pokok TNI yang tertuang dalam Undang-undang RI nomor 34 tahun 2004 tentang TNI, bahwa TNI berperan sebagai alat negara di bidang pertahanan yang dalam pelaksanaan tugasnya berdasarkan kebijakan dan keputusan politik negara.

“Peran tersebut dilaksanakan melalui tugas pokok TNI yaitu menegakkan kedaulatan negara, mempertahankan keutuhan wilayah NKRI, serta melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia dari ancaman dan gangguan terhadap keutuhan bangsa dan negara,” jelasnya.

Dalam forum yang dihadiri sejumlah tokoh masyarakat, tokoh adat serta Ibu-IBU PKK tersebut, Ganramil juga menyampaikan sejumlah pesan, diantaranya  Tentang kesadaran bela negara dan mengajak untuk menjaga agar NKRI tetap utuh.

Selain itu, Danramil juga mengingatkan agar masyarakat mentaati hukum, termasuk UU ITE mengingat belakangan ini banyak yang terjerat dengan hal itu, serta mentaati pembayaran pajak.

Sementara itu, terkait pelaksanaan Pemilu yang baru lalu, Danramil juga menyampaikan ucapan terimakasihnya pada segenap yang hadir, atas terwujudnya Pemilu yang aman dan damai.

Dikatakannya, perbedaan pandangan dan pilihan dalam pesta demokrasi merupakan hal yang biasa, karena masing-masing masyarakat memiliki hak untuk memilih sesuai dengan nuraninya.

“Sekarang Pemilu sudah usai, baik untuk anggota legislative maupun Presiden. Sekarang saatnya kita melupakan segala perbedaan itu dan mari bersama kita kembali untuk bersatu membangun negeri ini,” pungkasnya.

Di akhir kegiatan tersebut, Danramil yang disertai sejumlah personelnya juga membagikan sembako bagi warga yang kurang mampu. (ap)





Komentar : 0


Nama

Email

Komentar



(Salin kode keamanan diatas)