Dharmasraya

Kokohkan Sebagai Sentra Kuliner, Sungai Duo Gelar Lomba Masak Kudapan Serba Ikan

Warta Andalas | Minggu, 09 Desember 2018 - 16:31:53 WIB | dibaca: 235 pembaca

WARTA ANDALAS, DHARMASRAYA - Luarrr biasa kiprah Forum Komunikasi Peningkatan Konsumsi Ikan (Forikan) Nagari Sungai Duo, Kecamatan Sitiung, Kabupaten Dharmasraya. Meski belum dikukuhkan, namun Forikan binaan Walinagari Sungai Duo Ali Amran itu sudah mampu melaksanakan kegiatan strategis untuk mengangkat perekonomian warga, sekaligus melaksanakan investasi bagi pengembangan sumberdaya manusia sepuluh tahun yang akan datang.

Walinagari Sungai Duo, Ali Amran, S.Pd mengatakan, lomba masak kudapan atau cemilan serba ikan ini dimaksudkan untuk membangun kekayaan kuliner Nagari Sungai Duo. Apalagi saat ini Pemkab Dharmasraya sedang menggalakkan makan ikan bagi anak usia dini. Maka Nagari Sungai Duo sudah berbuat dan berada di barisan depan untuk mensukseskan program pemerintahan Bupati Sutan Riska ini.

Lomba masak kudapan dan cemilan serba ikan ini diikuti oleh perwakilan masing masing jorong. Peserta tidak hanya melakukan displai masakan, namun juga memperagakan cara masak dan bahkan membuat garnis di tempat lomba. "Ini merupakan satu satunya lomba yang menampilkan cara masaknya sekaligus," kata Asmaidar, S.Pi., Kepala Seksi Bina Usaha dan Pengolahan Hasil Perikanan, Dinas Pangan dan Perikanan Kabupaten Dharmasraya.

Menurut Walinagari Ali Amran, pihaknya sengaja mempertandingkan cara masak kudapan serba ikan. Ini untuk mengetahui higienitas bahan dan alat yang digunakan. "Saya lihat bahan yang digunakan kondisinya baik dan segar, alat yang dipakai bersih dan malah peserta tidak menggunakan campuran masakan yang dapat membahayakan kesehatan," kata Ali Amran.

Ali Amran menjelaskan, dengan budaya makan ikan dan dengan memiliki keterampilan masak serba ikan, maka kondisi ini akan mendukung upaya pemerintahan nagari Sungai Duo dalam menjadikan daerahnya sebagai sentra kuliner nusantara di Kabupaten Dharmasraya dan daerah Sumbar, Riau dan Jambi. Sebagai sentra kuliner, masyarakatnya harus terampil memasak makanan apa saja, termasuk yang berbahan baku ikan.

Sementara itu, Dinas Pangan dan Perikanan Kabupaten Dharmasraya memberikan dukungan penuh bagi Nagari Sungai Duo agar bisa menjadi sentra kuliner Regional. "Beberapa waktu lalu kita sudah memperkenalkan Nagari Sungai Duo dan aneka kulinernya kepada masyarakat Sumbar dalam peringatan Hari Pangan Sedunia," kata Budi Waluyo, Plt. Kepala Dinas Pangan dan Perikanan.

Sementara, upaya untuk mempermudah penyediaan bahan baku masakan, Bupati Dharmasraya, Sutan Riska Tuanku Kerajaan sudah membagikan puluhan ribu ekor ikan nila dan lele untuk dibudidayakan di kolam pekarangan. Kelak diharapkan Nagari Sungai Duo benar benar bisa maju dan bisa mencapai visi yang diharapkan. (bw)





Komentar : 0


Nama

Email

Komentar



(Salin kode keamanan diatas)