Purbalingga

Ki Dalang Jedher ramaikan Grebeg Suro Grumbul Sudan

Warta Andalas | Jumat, 22 September 2017 - 18:44:37 WIB | dibaca: 93 pembaca

WARTA ANDALAS, PURBALINGGA - Ki Dalang Jedher (Yakub) yang merupakan cucu dari Ki Dalang Sugino Siswocarito (Alm) meramaikan menggelar pagelaran wayang kulit semalam suntuk di dusun Sudan desa Candiwulan kecamatan Kutasari dalam rangka Grebeg Suro menyambut tahun baru 1439 H. Penampilannya mampu memikat warga Sudan karena atraksinya yang lincah memainkan lakon wayang dan sesekali membuat gelak tawa para penonton. Pagelaran wayang kulit dilaksanakan di Pos PAUD desa Candiwulan Kamis malam (21/9).

Grebeg Suro ruwatan bumi di desa Candiwulan kali ini terkesan luarbiasa karena dihadiri oleh pejabat dari Propinsi dan Kabupaten. Pada Kamis siang harinya kegiatan diawali dengan pawai keliling dusun Sudan, yang ikuti oleh seluruh warga Sudan. Dan dilanjutkan dengan pagelaran wayang ruwat yang dihadiri oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Dan di malam harinya dilanjutkan dengan Pagelaran wayang kulit menghadirkan Ki Dalang Jedher atau Yakub Agib Ganta Nuraidin dari Notog Banyumas.

“Peringatan Suraan kali ini jatuh pada Kamis wage dan ini terjadi hanya 8 tahun sekali, selanjutnya peringatan ini memiliki aspek-aspek yang penting, yang pertama memiliki aspek spiritual seperti acara ruwat bumi yang telah dilakukan adalah bentuk rasa syukur kepada Allah SWT, dan diharapkan dapat meningkatkan keimanan kita kepada Allah SWT,” kata Wakil Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi, SE, B.Econ saat memberi sambutan diacara Pagelaran wayang kulit di dusun Sudan desa Candinata.

Ditambahkan Wabup Tiwi, kegiatan ini juga memiliki aspek sosial, untuk meningkatkan silaturahmi antar warga di dusun Sudan. “Harus senatiasa Sengkuyung, senantiasa guyub, dan rukun betul bapak – ibu,”imbuh Wapub Tiwi.

Menurut Wabup, kegiatan grebeg suro memiliki aspek Kultural, karena kegiatan ini merupakan kearifan lokal yang harus dilestarikan dan termasuk pagelaran wayang ini merupakan kegiatan Nguri-uri budaya, yang harus dilestarikan pula. Pihaknya juga mengapresiasi karena kegiatan grebeg sura ini dilaksanakan dengan swadaya murni dari warga masyarakat dusun Sudan desa Candiwulan, hingga mencapai Rp. 50 juta.

Sementara disela-sela pagelaran wayang kulit pukul; 23.00 WIB hadir pula Wakil Gubernur Jawa Tengah Heru Sujatmoko di dusun Sudan menambah meriah suasana malam itu. Karena Wagub Heru langsung request lagu Caping Gunung untuk menghibur warga masyarakat pada saat wayang Limbukan.

Sedangkan pada kegiatan itu hadir pula Wakil Gubernur Jawa Tengah Heru Sujatmoko, Wakil Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi, Ketua DPRD Purbalingga H. Tongat, Camat Kutasari Raditya Widayaka bersama Forkompincam Kutasari, Kepala Desa Candiwulan Agus Sucipto, dan seluruh warga masyarakat dusun Sudan Desa Candiwulan. (D/PI-2)

 





Komentar : 0


Nama

Email

Komentar



(Salin kode keamanan diatas)