Purbalingga

Kenalkan Bank Indonesia di SMAN 1 Purbalingga Melalui BI Corner

Warta Andalas | Kamis, 18 Oktober 2018 - 13:06:00 WIB | dibaca: 167 pembaca

WARTA ANDALAS, PURBALINGGA - Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Purwokerto meresmikan pojok baca atau BI Corner di Perpustakaan SMA Negeri 1 Purbalingga, Kamis (18/10). Kepala Kantor Perwakilan BI Purwokerto Agus Chusaini mengatakan diadakannya fasilitas BI Coener ini salah satunya bertujuan untuk memberi wawasan kepada masyarakat khsusunya para siswa untuk lebih dalam mengenal BI.

“Kami akui BI memang kurang promosi kepada masyarakat. Sehingga kadang banyak yang salah mengenal kami (BI,red) dengan menyamakan bank-bank kovensional yang melayani kredit, tabungan dan yang lain. Melalui BI Corner ini diharapkan siswa lebih mengenal kami dan tugas kami dalam perekonomian di Indonesia,” ungkap Agus Chusaini.

 Selain memperkenalkan dan mendekatkan BI kepada siswa, pojok baca ini juga bertujuan untuk meningkatkan minat baca dan literasi siswa. Buku-buku yang ada dalam BI Corner ini tidak hanya buku tentang BI maupun perekonomian, melainkan juga buku-buku ilmu pengetahuan lain dengan total disediakan 500 eksemplar buku.

“Semoga dengan adanya BI Corner semakin banyak yang datang ke perpustakaan. Kelemahan kita di negara berkembang adalah minat bacanya kurang, tapi kita paling banyak pegang handphone. Jadi kalau pembaca di medsos kita paling banyak tapi kalau baca buku kita tertinggal,” ujarnya.

Chusaini menjelaskan program BI Corner ini umumnya ditempatkan di lembaga pendidikan mulai dari perguruan tinggi, sekolah maupun perpustakan daerah. Sejauh ini di Indonesia sudah terdapat 471 BI Corner yang tersebar di berbagai daerah. Sedangkan di eks Karesidenan Banyumas sudah ada 8 BI Corner  termasuk salah satunya di SMAN 1 Purbalingga.

“Ke depan mungkin tidak hanya SMA. Kami bisa lebih dalam menyediakan BI coner di SMP, SD, TK bahkan Paud yang tentunya dengan segmen buku yang berbeda. Tahun ini masih ada 3 lagi yang akan kita adakan,” katanya.

Sementara itu Plt Bupati Purbalingga yang diwakili oleh Asisten Administrasi Umum Sekda Purbalingga, Tri Gunawa Setyadi SH MH menyampaikan atas nama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purbalinggamengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada BI yang telah menggulirkan Program Sosial Bank Indonesia (PSBI) dengan mendirikan pojok baca BI ini, dimana pada 2017 sudah disediakan juga bi corner di Perpustakan Daerah Purbalingga.

“Kami berharap keberadaan BI Corner ini dapat meningkatkan wawasan dan pemahaman masyarakat, siswa serta keluarga besar SMAN 1 Purbalingga terkait peran BI dalam perekonomian dan tentunya dapat membangun corporate value BI,” katanya.

Ia juga berharap keberadaan BI Corner ini dapat dimanfaatkan dan dijaga dengan baik oleh keluarga besar SMAN  1 Purbalingga. Jangan sampai setelah ada BI Corner, para siswa dan guru malas untuk mendatanginya. 

“Keluarga besar SMA Negeri  1 Purbalingga harus termotivasi untuk gemar membaca, terutama terkait pengetahuan tentang Bank Indonesia beserta perannya dalam perekonomian Indonesia,” katanya.

Sebab menurutnya, generasi milenial harus paham dan tahu tentang masalah perekonomian bangsa. Terlebih di era sekarang ini, ternyata literasi keuangan kita sangat rendah bila dibandingkan dengan negara-negara maju dan berkembang lainnya. Perlunya edukasi dan sosialisasi terhadap anak-anak sekolah terkait literasi keuangan. Hal ini diharapkan agar mereka melek tentang literasi keuangan.  

“Dengan melek literasi keuangan maka akan terbuka  pikiran dan alam sadar kita bahwa di era milenial ini banyak sekali bisnis-bisnis yang membutuhkan sekali literasi keuangan. Bisnis di era milenial ini diantaranya investasi saham, investasi reksadana, investasi criptocurrency (uang virtual), penjualan produk/ jasa secara online, jasa transportasi online, bisnis aplikasi internet dan masih banyak bisnis diera milenial ini,” katanya.(Gn/Humas)





Komentar : 0


Nama

Email

Komentar



(Salin kode keamanan diatas)