Agam

Kemenag Agam Gelar Pentas PAI Tingkat Kabupaten

Warta Andalas | Kamis, 11 April 2019 - 14:14:10 WIB | dibaca: 90 pembaca

WARTA ANDALAS, AGAM — Kementerian Agama Kabupaten Agam, menggelar Pekan Keterampilan dan Seni Pendidikan Agama Islam (Pentas PAI) tingkat kabupaten tahun 2019, di Kecamatan Lubuk Basung, Kamis (11/4).

Ketua Panitia, Algusra mengatakan, Pentas PAI yang ke-9 ini merupakan ajang kreativitas siswa baik tingkat SD, SMP maupun SMA yang digelar dua tahun sekali sampai tingkat nasional.

“Kegiatan ini merupakan agenda Kemenag Agam dan pelaksanaannya dilimpahkan pada Kelompok Kerja Guru Agama (KKGA) Lubuk Basung serta kecamatan tetangga,” ujarnya.

Dikatakan, Pentas PAI diikuti 16 kontingen dengan peserta sekitar 320 orang, yang akan mengikuti 23 kategori lomba seperti, untuk tingkat SD lomba pidato putra, pidato putri, tahfiz putra, tahfiz putri, cerdas cermat putra, MTQ putra dan MTQ putri.

Tingkat SMP yaitu, lomba MTQ, tahfiz putra, tahfiz putri, kaligrafi putra, kaligrafi putri, pidato dakwah putra dan pidato dakwah putri. Sedangkan SMA lomba MTQ putra, MTQ putri, pidato dakwah putra, pidato dakwah putri, debat PAI, nasyid, cerdas cermat putra, cerita islami dan karya ilmiah remaja.

“Bagi pemenang Pentas PAI tingkat Agam, akan diutus ikuti lomba tingkat Sumbar pada Mei 2019,” sebutnya.

Kakankemanag Agam, Edy Oktafiandi berharap, melalui kegiatan ini dapat menggali potensi keagamaan untuk melahirkan generasi yang madani. Bahkan mampu mendorong perkembangan agama Islam dan jadi baro meter terkait sejauhmana tingkat pemahaman siswa terhadap pedidikan Islam.

Bupati Agam, diwakili Staf Ahli Bidang Hukum Pemerintahan dan Politik, Budi Perwira Negara, saat buka Pentas PAIS mengapresiasi pelaksanaan kegiatan tersebut, karena ini agenda rutin nasional dua tahun sekali yang digelar Kemenang Agam.

Semoga ajang ini dapat berikan motivasi kepada peserta didik, agar lebih bersemangat belajar dan mencintai pelajaran pendidikan agama Islam,” ujarnya.

Menurutnya, Pentas PAI merupakan momen yang tepat dan sangat berharga bagi anak-anak untuk dapat berkreasi, berinovasi, berprestasi dan berkompetensi secara sehat.

Dengan demikian, diharapkan bagi peserta yang berhasil pada Pentas PAI tingkat Agam, hendaknya nanti juga berprestasi di tingkat Sumbar maupun nasional.

“Iven ini tidak hanya sekedar mengejar target juara, tapi tidak kalah pentingnya bagaimana semangat silaturahmi dan kompetensi kreativitas dan sportivitas jadi hal yang utama dalam kegiatan tersebut,” ujarnya mengakhiri (Md)





Komentar : 0


Nama

Email

Komentar



(Salin kode keamanan diatas)