Agam

Kecamatan Palembayan Mendapat Perhatian Lebih Dari Pemerintah Kabupaten Agam

Warta Andalas | Senin, 16 April 2018 - 09:49:35 WIB | dibaca: 272 pembaca

WARTA ANDALAS, AGAM - Kecamatan Palembayan Kabupaten Agam pada tahun 2018 mendapat perhatian lebih dari pemerintah setempat. Keseriusan itu dibuktikan dengan program Gelora Palembayan, dimana seluruh OPD yang ada di Pemerintahan Kabupaten Agam memposkan masing-masing kegiatannya untuk kecamatan tersebut.

Camat Palembayan Ridwan mengatakan, stidaknya dana sebanyak Rp 34 milyar lebih anggaran diperuntukkan khusus untuk Gelora Palembayan.

“Tahun ini kecamatan kita mendapat perhatian lebih dari pemerintah melalui program Gelora Palembayan. Seluruh OPD memasukkan kegiatannya untuk membangun Palembayan, baik dari segi fisik maupun non fisik,” ujarnya.

Ia merincikan, beberapa kegiatan OPD yang dilaksanakan itu seperti, rehabilitasi pemeliharaan jalan, dreinase, air bersih, pembagunan jaringan irigasi, pemeliharan jalan, pengadaan sarana dan prasarana alat kelengkapan jalan, pembangunan infrastruktur pendidikan, rehab rumah tidak layak huni di 6 nagari, pembangunan infrastruktur kesehatan, peningkatan budidaya dan sarana prasarana perikanan , peningkatan sarana dan prasarana pertanian. Kemudian pembuatan embung, pembangunan sarana prasarana pasar, pembangunan kelembagaan, pengembangan teknologi tepat guna pasca panen, lalu peningkatan SDM.

“Dana sebanyak Rp 34 milyar itu berasal dari APBD Kabupaten dan APB Nagari. Sebagai kontrol dan evaluasi seluruh kegiatan tersebut kita akan buat posko khusus serta memampangkan seluruh agenda kegiatan itu lewat baliho, yang nantinya bisa sebagai informasi bagi masyarakat,” jelasnya.

Sebelumnya, Bupati Agam Indra Catri menargetkan seluruh persoalan mendasar yang menjadi kewenangan Pemkab.Agam yang ada di kecamatan Palembayan dapat tuntas hingga akhir massa jabatannya kelak.

“Disamping mendapat kuota sama dengan kecamatan lain, Palembayan kita lebihkan melalui kegiatan Gelora Palembayan. Seluruh aspek kita tingkatkan, baik dari aspek infrastruktur, pertanian, perkebunan, pendidikan, SDM, keagamaan, kita lebihkan dari kecamatan lain. Persoalan mendasar di Palembayan yang menjadi kewenangan kabupaten harus dituntaskan, setidaknya sampai akhir masa jabatan saya habis,” sebutnya.

Tidak hanya itu, Bupati Agam dua periode itu juga menginginkan pemekaran kecamatan Palembayan segera dituntaskan, kecamatan palembayan sudah bisa kita pilah jadi dua kecamatan.

“Sampai akhir masa jabatan saya kalau bisa satu tahun sebelum itu proses pemekaran nagari di Palembayan tuntas. Kalau bisa itu terwujud 2020 Kecamatan Palembayan sudah kita bagi jadi dua kecamatan,” harapnya. (khw)





Komentar : 1
OBAT HERBAL SESAK NAFAS YANG PALING AMPUH
16 April 2018 - 10:58:24 WIB
Terimakasih atasinformasinya saya ucapkan kepada admin ****://****/NkHv5Z
<<< 1 >>>


Nama

Email

Komentar



(Salin kode keamanan diatas)