Sawahlunto

Kecamatan Barangin Kota Sawahlunto, Dinilai Tim Penilai IVA Test Sumbar

Warta Andalas | Selasa, 08 Mei 2018 - 21:59:28 WIB | dibaca: 220 pembaca

WARTA ANDALAS, SAWAHLUNTO - Kecamatan Barangin kota Sawahlunto dinilai dalam lomba Inspeksi Visual Asam Asetat (IVA) atau Lomba Gerakan PKK Pokja IV tingkat Provinsi Sumatera Barat (Sumbar), di kantor Camat Barangin kota ini, Selasa (8/5).

Tim IVA test yang dipimpin Bahrizal Basir disambut Ketua TP PKK Kecamatan Barangin Afnida Zainul Anwar dan Sekcam Barangin Tri Syahputri dan pimpinan puskesmas di Kecamatan ini menilai upaya
pelayananan IVA test di daerah tersebut dalam pencegahan sedini mungkin terhadap penyakit kanker serviks.

Bahrizal Basir mengatakan, lomba IVA test ini yaitunya dalam rangka memberikan semangat serta motivasi bagi masyarakat khususnya kaum perempuan berusia 30-50 tahun untuk terus menjaga perilaku hidup sehat. Khususnya peduli terhadap kesehatan mulut rahim yang dimulai dari tingkat kelurahan, kecamatan, kota, provinsi sampai nasional.

"Jadi lomba IVA test ini bukan semata untuk ajang mencari yang terbaik, namun lebih dari itu bagaimana semua masyarakat dapat melaksanakan IVA test secara berkesinambungan. Sehingga masyarakat
khususnya kaum wanita dapat memahami pentingnya pemeriksaan IVA test sebagai deteksi dini pencegahan kanker leher rahim itu," jelas Bahrizal .

"Tim akan mengamati paparan yang disampaikan serta melihat langsung apakah upaya IVA test yang dilakukan secara intens bagi masyarakat melalui sosialisasi dan penggerakan masyarakat oleh kader PKK dan Posyandu serta stakehoder dikecamatan ini” jelasnya.

Ketua TP PKK Kecamatan Barangin Afnida Zainul Anwar memaparkan, selama ini dan ke depan akan terus melaksanakan IVA test secara intens dengan berjenjang dan berkesinambungan di seluruh kelurahan dan desa se-Kecamatan Barangin.

"Kami akan terus berupaya melakukan penyuluhan, sosialisasi dan menggerakan masyarakat untuk IVA tes ini. Kita juga bangga dan bersyukur, antusias semua pihak cukup tinggi mendukung desa dan
kelurahan di kecamatan Barangin semoga menjadi yang terbaik dalam lomba ini," pinta Afnida.

Sekretaris kecamatan  Barangin Tri Syahputri menyatakan pihaknya didukung semua elemen terkait mulai melakukan sosialisasi terkait pentingnya IVA test yang dimotori Ketua TP-PKK Kota Sawahlunto, TP PKK Kecamatan Barangin bersama para kader, tenaga-tenaga kesehatan dan para medis puskesmas Sei Durian dan puskesmas Kolok serta pihak terkait lainnya.

"Dengan mematangkan dan menyiapkan beberapa indikator penilaian. Diantaranya tingkat partisipasi masyarakat untuk menyukseskan program IVA test baik dari segi promosi dan inovasi yang didukung semua pihak mengajak warga memeriksakan IVA test. Kemudian terkait keaktifan kader, kehadiran dan keterlibatan warga dalam mencegah penyakit berbahaya tersebut," jelasnya. (TAS)





Komentar : 0


Nama

Email

Komentar



(Salin kode keamanan diatas)