Agam

Kanan Kiri Jalan di Agam, Dihijaukan

Warta Andalas | Kamis, 20 Februari 2014 - 15:47:53 WIB | dibaca: 1098 pembaca

WARTA ANDALAS, AGAM - Dinas Kehutanan dan Perkebunan (Hutbun) Kabupaten Agam, Sumatera Barat, akan menyediakan sebanyak 4000 batang bibit pohon pelindung berjenis Mahoni untuk ditanam pada kanan kiri jalan di Agam pada tahun 2014.

Kepala Dinas Kehutanan dan Perkebunan (Hutbun) Agam, Ir. Yulnasri, tahun ini kita akan menyediakan bibit pohon mahoni untuk ditanam kanan kiri jalan yang belum ada tananamanya.

"Kita akan menanam bibit pohon mahoni ini sepajang 10 km dengan jarak tanam per pohon sekitar 5 meter," katanya.

Dipilihnya pohon jenis mahoni ini karena memiliki pohon yang rindang dan semua itu semata untuk menciptakan kondisi lingkungan yang nyaman dan sejuk.

Dia menjelaskan, Penanaman bibit penghijauan tersebut juga dalam mendukung program Pemerintah Daerah Kabupaten Agam melalui "Agam Menyemai" yang selama ini berjalan dengan baik dilapangan.

Di samping untuk penghijauan, juga untuk menahan pinggir jalan dari longsor, dan untuk meningkatkan produksi CO2 yakni oksigen di kawasan tersebut.

Selain itu, beberapa hari yang lalu juga telah dilaksanakan penanaman pohon pelindung sebanyak 600 batang di media jalan di Kota Lubuk Basung.

Untuk itu, dia berharap kegiatan penanaman tersebut akan memberikan manfaat bagi upaya menangani dampak pemanasan global. Selain itu, masyarakat juga dapat menjaga dan merawat bibit pohon tersebut.

Secara terpisah, salah seorang warga Surobayo Kecamatan Lubuk Basung, Desi (30), menambahkan, menyambut baik rencana penanaman pohon pelindung di kanan kiri jalan oleh Pemkab Agam.

"Penanaman pepohonan di kawasan kanan kiri jalan tersebut akan membuat kondisi jalan lebih teduh dan rindang dimana bisa mengurangi udara panas di tepian jalan setempat," imbuhnya.
(jon)





Komentar : 0


Nama

Email

Komentar



(Salin kode keamanan diatas)