50 Kota

Kampung KB Wujudkan Kesejahteraan Masyarakat

Warta Andalas | Kamis, 22 Februari 2018 - 09:57:29 WIB | dibaca: 120 pembaca

WARTA ANDALAS, LIMAPULUH KOTA - Tak hanya bicara pengendalian jumlah penduduk, Kampung Keluarga Berencana (KB) juga berperan dalam upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat. Berbagai pihak termasuk organisasi perangkat daerah (OPD), diharapkan mendukung program pemerintah ini.

Hal itu disampaikan Bupati Limapuluh Kota diwakili Plt. Sekdakab. Limapuluh Kota H. Taufik Hidayat,SE, MH dalam sambutannya ketika melaunching Kampung KB di Jorong Ambacang Kunyik Kenagarian Pauh Sangik Kecamatan Akabiluru, Selasa (20/2).

“Mari kita dukung program Kampung KB ini buat mewujudkan kemajuan daerah. Selain membatasi jumlah anak, Kampung KB hendaknya juga bisa meningkatkan persatuan dan kesatuan, kesejahteraan atau menekan angka kemiskinan masyarakat,” tutur Taufik.

Menurutnya, program Kampung KB ini mesti dapat disenergikan dengan kegiatan OPD lain seperti dengan Dinas Kesehatan buat menangani pembangunan bidang kesehatan, dan dengan Dinas Pendidikan buat meningkatkan pembangunan pendidikan serta OPD lainnya termasuk Dinas Pertanian.

“Bukan saja sebatas mengatur atau membatasi angka kelahiran, Kampung KB juga mempunyai target peningkatan kualitas penduduk usia produktif dan kesejahteraan masyarakat,” ulang Taufik.

Taufik mengajak Kampung KB ini mampu mengangkat salahsatu potensi unggulan di Nagari Pauh Sangik yang bisa memberikan nilai tambah bagi masyarakat. Disamping itu mengharapkan  agar program Kampung KB itu dapat dilaksanakan secara berkesinambungan.

Ia berharap program ini terus berlanjut dan tidak hanya sebatas pencanangan saja, melainkan diikuti dengan langkah-langkah nyata yang dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Kita ingin program Kampung KB ini berlanjut dan bisa merubah wajah nagari Pauh Sangik. Untuk mewujudkan harapan itu, kita meminta dukungan seluruh OPD. Di sini, semua pihak bersama-sama mengentas kemiskinan,” ulang Taufik.

Sebelumnya plt Kepala DPPKB Kabupaten Limapuluh Kota Hj. Yenni Elvi, S.St dalam laporannya senada berharap seluruh OPD bisa memberikan kegiatan yang bisa diinteraksikan pada Kampung KB. Disamping itu, program ini diharapkan bisa berperan meningkatkan sumberdaya manusia.

“Dengan adanya Kampung KB ini, kita berharap program KB kembali bergema dan dapat menjangkau masyarakat hingga ke kampung-kampung untuk membangun keluarga yang sejahtera,” tutur Yenni Elvi.

Lebih lanjut Yenni mengajak semua pihak mensukseskan pembangunan Kampung KB ini dengan menggali potensi yang ada di Pauh Sangik, serta menyemarakan semangat gotong royong menuju kejayaan nagari.

Diakui Yenni, program ini menuntut sinergitas dengan mitra kerja, stakeholder, instansi terkait. Programnya dikelola dan diselenggarakan dari, oleh dan untuk masyarakat.

Ikut hadir dalam kesempatan itu Wali Nagari Pauh Sangik, Camat Akabiluru Elfi Rahmi, serta para tokoh masyarakat. (Zal)





Komentar : 0


Nama

Email

Komentar



(Salin kode keamanan diatas)