Kesehatan

Kadis Kesehatan: Payakumbuh Masih Aman Dari Mers

Warta Andalas | Rabu, 14 Mei 2014 - 07:05:55 WIB | dibaca: 1388 pembaca

WARTA ANDALAS, PAYAKUMBUH - Walikota Payakumbuh Riza Falepi minta warga kota tak resah dengan penyakit MERS  yang mulai merebak di sejumlah kota dan kabupaten di Tanah Air.  Melalui Kepala Dinas Kesehatan Payakumbuh Elzadaswarman,  SKM, M.PPT, ditegaskan, hingga sekarang Kota  Payakumbuh masih aman dari ancamanan penyakit MERS.

“Meski disejumlah kota dan kabupaten pada beberapa provinsi MERS telah berjangkit. Tapi, Alhamdulillah, di Payakumbuh penyakit impor tersebut belum masuk ke kota ini. Payakumbuh masih aman dari penyakit MERS,” ucap Kepala Dinas Kesehatan Elzadaswarman melaporkan kepada Walikota Riza Falepi, dalam acara rapat koordinasi jajaran pemko di aula Balaikota Payakumbuh, Senin (12/5) sore.

Walau begitu, Walikota Riza Falepi minta seluruh warga, meningkatkan kewaspadaan terhadap ancaman penyakit dari Tanah Arab Saudi Arabia ini. Pihak Puskesmas diseluruh kecamatan diminta untuk memantau warga yang pulang menjalani Umrah dari Mekkah. “Jika ada jemaah berpotensi mengidap gejala MERS, tangani segera.

Menurut Kadis Kesehatan Elzadaswarman, sebagian besar orang yang terinfeksi MERS-Cov,  berkembang menjadi penyakit saluran pernapasan berat dengan gejala gejala demam, batuk, dan napas pendek.  Sekitar separuh dari jumlah penderita meninggal. Sebagian dari penderita dilaporkan menderita penyakit saluran pernapasan tingkat sedang

Pihak WHO, dikatakan Elzadaswarman, sampai saat ini masih terus dilakukan investigasi mengenai pola penularan MERS-Cov, karena telah ditemukan adanya penularan dari manusia ke manusia yang saling kontak dekat dengan penderita. Penularan dari pasien yang terinfeksi kepada petugas kesehatan yang merawat juga diamati. Selain itu, cluster dari kasus infeksi MERS-Cov di Arab Saudi, Jordania, the United Kingdom, Prancis, Tunisia, dan Italia juga diinvestigasi

Untuk melindungi diri dari kejadian penyakit saluran pernapasan, hendaknya lakukan beberapa langkah pencegahan sebagai berikut: 1) Tutuplah hidung dan mulut dengan tisu ketika batuk ataupun bersin dan segera buang tisu tersebut ke tempat sampah; 2) Hindari menyentuh mata, hidung dan mulut dengan tangan yang belum dicuci; 3) Hindari kontak secara dekat dengan orang yang sedang menderita sakit, misalnya ciuman atau penggunaan alat makan/minum bersama; 4) Bersihkan menggunakan desinfektan untuk membersihkan barang-barang yang sering disentuh. (zal)





Komentar : 0


Nama

Email

Komentar



(Salin kode keamanan diatas)