Solok

Jumlah Tenaga Honor Membengkak, Wawako Solok Janji Evaluasi Kinerja OPD

Warta Andalas | Kamis, 16 November 2017 - 11:06:16 WIB | dibaca: 160 pembaca

 

WARTA ANDALAS, SOLOK - Luar biasa, tenaga honor di Kota Solok  membengkak, dimana setiap tahunnya terjadi penambahan tenaga honor,  baik honorer yang diangkat langsung pemko Solok maupun honorer  yang berasal dari tenaga sukarela. Terhitung total keseluruhan tenaga honor pada tahun 2017  ini berjumlah 1.282 orang, belum termasuk yang sukarela alias tanpa gaji. 

Wakil Walikota Solok Ir, Reiner, ST, MM, menjawab pandangan Fraksi-Fraksi DPRD Kota Solok, Rabu (15/11) dalam sidang paripurna DPRD, dipimpin Yutriscan dan Irman Yefri Adang, mengatakan akan melakukan evaluasi kinerja  setiap OPD mengingat  besarnya tenaga ASN tapi dinilai masih belum mampu menjawab kebutuhan masyarakat Kota Solok. Reiner mengatakan, apapun yang dilakukan dalam setiap program pemko Solok harusny OPD mampu melaksanakannya dengan maksimal, karena pada  intinya ASN bertugas melayani masyarakat berdasarkan item kegiatan yang telah disusun.

Terkait saran DPRD Kota Solok terhadap keuangan daerah, selagi menggunakan keuangan daerah selalu melampirkan bukti belanja barang dan jasa tempat OPD melakukan transaksi.

Begitu juga dengan pertanggungjawaban keuangan makan minum pemerintah daerah Kota Solok juga melampirkan kwitansi yang ditandatangani oleh pemilik rumah makan. Terkait dengan program bedah rumah, dimana dalam pelaksanaannya bedah rumah tersebut diperuntukan bagi rumah keluarga miskin yang rumahnya dinilai tidak layak huni, dilaksanakan dengan sebaik mungkin.

Penyelesaian Ruislag antara pemerintah Kota Solok dengan pihak Kabupaten Solok sudah coba diselesaikan tapi belum menghasilkan keputusan apapun. Untuk piala Adipura Kota Solok akan berusaha semaksimal mungkin akan mengupayakan mendapatkan kembali piala Adipura tersebut. Pengecatan tower terminal Bareh Solok dilakukan dalam rangka menyambut iven Tour De Singkarak tanggal 22 Desember 2017. 

Terkait pandangan Fraksi Bintang Pembangunan Keadilan, bahwa saran yang disampaikan kepada pemko Solok merupakan sebuah masukan yang menjadi evaluasi kedepan. Begitu juga dengan pandangan Fraksi lainnya, dimana setiap saran dan masukan akan dijadikan bahan untuk evaluasi terhadap setiap OPD dipemko Solok.

Untuk diketahui, saat ini tenaga ASN berjumlah 2.221 orang, dimana didalamnya terdapat tenaga honor, kontrak, dan tenaga sukarela. Sedangkan Non ASN berjumlah berjumlah 1.282 orang. (Zfk)





Komentar : 0


Nama

Email

Komentar



(Salin kode keamanan diatas)