Purbalingga

Jika Facebook Ditutup, Jangan Takut. Yuk Beralih ke Medsos Anak Negri

Warta Andalas | Senin, 16 April 2018 - 13:23:06 WIB | dibaca: 122 pembaca

WARTA ANDALAS, PURBALINGGA - Sebanyak 80 (delapan puluh) juta akun media sosial (Medsos) Facebook diketahui telah diretas dan digunakan untuk sesuatu yang tidak bertanggung jawab. CEO sekaligus pendiri facebook, Mark Zuckerberg yang berkebangsaan Amerika Serikat mengatakan, telah terjadi kebocoran data yang diolah oleh pihak ketiga untuk kepentingan segelintir orang.

Di Indonesia, sebanyak 1,7 Juta akun telah diretas. Cara kerjanya, pihak yang tidak bertanggung jawab itu mengajukan pertanyaan semacam kuis kepribadian untuk dipetakan sesuai dengan jawaban yang dilontarkan “korban”. Oleh sebab itu, pengguna akun Medsos Facebook diharapkan tidak mengikuti kuis tersebut karena bisa jadi akan digunakan untuk sesuatu yang destruktif.

Menghitung untung ruginya, tak ada salahnya jika sebagai bangsa Indonesia kita menggunakan atau beralih ke Medsos buatan anak negeri. Bangsa Indonesia bisa mencontoh China yang membatasi Medsos asing untuk melindungi privasi serta data pribadi warga negaranya dan hanya memperbolehkan Medsos dalam negerinya.

Akan terjadi simbiosis mutualisme jika waraga negara Indonesia menggunakan Medsos buatan anak negeri. Pertama, profit yang dihasilkan dari Medsos tidak akan lari ke luar negeri yang justru akan memperbanyak pundi-pundi warga negara negara asing. Kita sama saja membantu perekonomian bangsa dari bidang digital.

Kedua, data pribadi akan lebih aman. Tidak bisa dipungkiri, Medsos yang banyak berkembang di Indonesia yang kebanyakan dari luar negeri akan rentan dengan pelanggaran seperti yang sedang marak ini. Regulasi harus lebih kuat melindungi data pribadi dan peran dari pemangku kebijakan seperti Kemenkominfo diharapkan akan memberikan rasa aman bagi warga negaranya.

Sudah saatnya Indonesia berdaya termasuk di ranah virtual. Warga net diharapkan mulai mengunduh aplikasi Medsos buatan anak negeri agar Indonesia mulai dilirik dunia. Nasionalisme yang juga diukur dengan kecintaan akan produk asli Indonesia harus mulai didengungkan termasuk dari jagad maya. (PI-8)





Komentar : 0


Nama

Email

Komentar



(Salin kode keamanan diatas)