Agam

Jembatan Asa SCTV Mampir ke Malalak

Warta Andalas | Jumat, 19 Mei 2017 - 13:49:51 WIB | dibaca: 111 pembaca

WARTA ANDALAS, AGAM - Nagari Malalak Selatan, Kecamatan Malalak, Kabupaten Agam mendapatkan kejutan melalui program jembatan asa SCTV. Pasalnya, sudah dua kali TV Swasta Nasional tersebut berpartisipasi pada kecamatan termuda di daerah itu.

“Partisipasi yang diberikan yaitu bantuan pembangunan satu unit jembatan permanen di Nagari Malalak Selatan, tepatnya di jorong Talago, dengan panjang 15 meter dan lebar 2,5 meter pada 2015 lalu," ujar Anggota Komisi III DPRD Agam Erdinal, S. Sos, saat dihubungi via ponselnya, Kamis (18/5).

Ia menyebutkan, sebelumnya lokasi itu tidak ada jembatan, sehingga masyarakat yang hendak pergi ke sawah mejadi susah, bahkan jika musim hujan turun masyarakat takut menyeberanginya, karena air yang mengalir begitu deras.

"Tapi setelah jembatan itu dibangun, transportasi masyarakat menjadi mudah untuk pergi ke sawah, dan masyarakat bersyukur akses mereka ke lahan perekonomiannya sudah lancar," ujarnya.

Erdinal mengungkapkan, pada tahap pekerjaan pembangunan jembatan tersebut, putra asli Malalak ini yang didampingi segenap masyarakat, kembali mengajukan permintaan bantuan untuk satu unit jembatan lagi.

“Pada saat itu, permintaan mendapat respon dari pihak SCTV, sehingga kita disuruh kembali mengajukan proposal, dan Alhamdulillah atas harapan masyarakat, bantuan itu dikucurkan lagi ke Malalak pada 2017,” ujarnya.

Dikatakannya, bantuan yang dikucurkan berupa rehab berat jembatan yang dijadikan permanen di Jorong Talago, di mana pada saat itu, jembatan tidak bisa dilewati kendaraan, karena rusak parah.

"Saat ini rehab jembatan yang sepanjang 12 meter dan lebar 3 meter tersebut, masih dalam pekerjaan, diperkirakan menjelang lebaran jembatan sudah bisa dilewati," ujarnya lagi.

Ia menjelaskan, bantuan ini sebagai penunjang pembangunan yang tidak terjangkau oleh pemerintah daerah yang anggarannya terbatas. Dengan dibangunnya jembatan, transportasi masyarakat menjadi lancar, kalau ke sawah masyarakat sudah tidak ragu lagi melintasi sungai tersebut.

Lebih lanjut Erdinal mengungkapkan, selain SCTV Malalak juga pernah dibantu TV One membangun satu unit Sekolah Dasar (SD) Negeri 02 Paladang, Malalak Selatan pada 2010 lalu.

Pada tempat terpisah, Bupati Agam melalui Staf Ahli Bupati Yunilson, mengapresiasi bantuan yang diberikan SCTV tersebut, yang telah melancarkan akses masyarakat menuju perkebunan, sehingga mampu meningkatkan perekonomian masyarakat.

"Terimakasih telah berpartisipasi di Kabupaten Agam, di mana saat ini transportasi masyarakat menuju ke sawah sudah lancar. Namun kita berharap kecamatan lainnya juga bisa dibantu, untuk melancarkan pembangunan di wilayah tersebut," ujarnya berharap. (jon)





Komentar : 0


Nama

Email

Komentar



(Salin kode keamanan diatas)