Sawahlunto

Jelang Rakerda, DPD Gebu Minang Sawahlunto Siapkan Sejumlah Program

Warta Andalas | Senin, 12 Maret 2018 - 08:17:36 WIB | dibaca: 237 pembaca

WARTA ANDALAS, SAWAHLUNTO – Jelang Rakerda di DPW Sumbar, DPD Gebu Minang kota Sawahlunto tengah mempersiapkan ejumlah program kerjanya, baik di bidang ekonomi, budaya pendidikan serta sejumlah program lainnya.

Hal itu disampaikan Ketua DPD Gebu Minang kota Sawahlunto, H. Edrizon Effendi Khatib Basa, SE, didampingi sekertarisnya  Afriandis,serta Bidang Pendidikan dan Seni Budaya Drs. H. Jon Dalton Sutan Sati, saat ditemui Warta Andalas usai melakukan konolidasi di Tulip Resto Hotel Ombilin, baru baru ini.

Dikatakan Ed Laras, panggilan akrab Edrizon, setelah pelantikan di hotel Bumi Minang kota Padang beberapa waktu lalu, masing-masing DPD menyiapkan program yang akan di bawa ke DPW pada Raker mendatang,” terangnya, tanpa menyebut kapan pelaksanaan Rakerda.

“Untuk DPD Sawahlunto, program unggulan ekonomi kita adalah Dana Abadi Komunitas, dan untuk Budaya, kita akan mengoptimalkan fungi Ninik Mamak di seluruh nagari seperti dulu lagi, terkait asset nagari ulayat, lahan terlantar atau lahan tidur menjadi produktif,” paparnya.

Menurutnya, Gebu Minang atau Gerakan Ekonomi dan Budaya Minangkabau adalah suatu organisasi masyarakat Minangkabau yang bertujuan menghimpun dan membina potensi masyarakat Minang yang berada di perantauan, untuk mendukung kemajuan  di bidang ekonomi dan kebudayaan.

Gebu Minang sendiri diprakarsai oleh beberapa tokoh Minang, seperti Azwar Anas, Awaluddin Djamin, Bustanil Arifin, Emil Salim, Harun Zain, Hasan Basri Durin, Hasyim Ning, Fahmi Idris, Sjafaroeddin Sabar, Nasrun Syahrun, Rustam Didong, Ali Akbar Navis, dan beberapa orang tokoh lainnya. Selanjutnya, didirikan  pada tanggal 24 Desember 1989.

“Pada awalnya, Gebu Minang adalah singkatan dari “Gerakan Seribu Rupiah Minang” yang bertujuan mengumpulkan seribu rupiah dari setiap warga Minang yang ada di perantauan, untuk pembangunan di kampung halaman. Dan belakangan akronim tersebut berubah menjadi Gerakan Ekonomi dan Budaya Minang,” ungkapnya.

Saat ini, lanjut dia, Gebu Minang yang berpusat di Jakarta telah mempunyai beberapa kantor perwakilan di banyak wilayah, di antaranya perwakilan Jawa Timur, Lampung, dan wilayah-wilayah lainnya di Indonesia dan mancanegara.

“Sejak pendiriannya, Gebu Minang telah beberapa kali melakukan pergantian kepemimpinan, yaitu Emil Salim, Azwar Anas, Fasli Jalal, Asril Tanjung, Ermansyah Jamin dan saat ini adalah Oesman Sapta Odang,” pungkasnya. (ap)








Komentar : 0


Nama

Email

Komentar



(Salin kode keamanan diatas)