Agam

Jelang Lebaran, GKB) Kembali Serahkan Paket Sembako Kepada Warga Kurang Mampu

Warta Andalas | Senin, 03 Juni 2019 - 18:13:13 WIB | dibaca: 175 pembaca

WARTA ANDALAS, AGAM - Menjelang Idul Fitri 1440 H, Gerakan Koto Hilalang Berbagi (GKB) kembali serahkan paket sembako kepada warga kurang mampu di Jorong Koto Hilalang, Kenagarin Lambah, Kecamatan IV Angkek, Kabupaten Agam.

Kali ini paket sembako itu diserahkan. untuk 260 kepala keluarga yang dinilai kurang mampu dan berhak mendapatka. batuam tersebut.

Paket sembako yang terdiri dari Minyak goreng sebanyak 6 liter, Gula 3 kg, Susu,, Sirup dan Garam itu secara simbolis diserahkan langsung oleh Kepala Kantor Wilayah Kementrian Agama Sumbar, H.Hendri S.Ag, M.Pd bersama Kemenag Agam,, Edi Oktafiandi, Kepala KUA IV Angkek, Khairul dan Wali Nagari Lambah Amril Hasan di Masjid Darul Amin Aman, Koto Hilalang, Sabtu (1/6) kemarin.

Kepala Kanwil Kemenag Sumbar H.Hendri kepada wartawan mengatakan Gerakan Koto Hilalang Berbagi (GKB) dilaksanakan oleh anak nagari di Jorong Koto Hilalang itu dinilai sangat positif sekali.

"Ini merupakan kegiatan yang sangat luar biasa, karena dengan GKB ini setidaknya ada lima hikmah dan mamfaat yang dapat di ambil," ujar Hendri 

Kelima hikmah dan maanfaat itu antara lain dapat merajut selaturahmi diantara masyarakat koto hilalang.

"Kita melihat ada sekitar 260 kepala keluarga yang datang kesini dan menikmati silaturahmi itu,"ujarnya.

Kedua merupakan peluang bagi agniak (orang yang diberi kelebihan rezki dari Allah) untuk berbagi dengan masyarakat di kampung halaman.

"Dengan adanya GKB ini memberi ruang bagi  agniak untuk peduli dengan masyarakat di kampung halamanya," kata Hendri.

Selanjutnya dalam kegiatan GKB itu memunculkan kepekaan sosial atas kesusahan yang dialami oleh sebagian masyarakat sehingga mereka akhirnya dapat merasakan kebahagian atas apa yang dibagikan oleh agniak melalui GKB tersebut.

Hikmah dan mamfaat keempat dari GKB itu adalah menguatnya persatuan dan kesatuan antar sesama anak nagari di koto hilalang, dan terakhir hikmahnya adalah munculnya kebersamaan antara masyarakat di kampung dan di rantau.

"Kita berharap kegiatan itu dapat terus dilanjutkan tiap tahun dan ditingkatkan baik disegi kuantitas maupun kulitasnya sehingga semakin banyak masyarakat yang mendapatkan mamfaat dari kegiatan ini, Sebab jika kegiatan itu dapat digulirkan setiap tahun apalagi dapat ditingkatkan maka gerakan itu akan dapat menjadi  kekuatan yang luar biasa, karena akan melahirkan  semangat kebersamaan. "seciok bak ayam sadancing bak basik, kabukik samo mandaki sesuai dengan falsafah kita  adat basandi syarak dan syarak basandi kitabullah," ujarnya.

Menurut Hendri kegiatan itu juga sejalan dengan tuntutanan Agama Islam melalui budaya berzakat. "Apabila kegiatan semacam itu betul betul dapat dilaksanakan dengan baik, maka semua masyarakat kita akan bahagia dan tidak ada lagi yang merasakan kesusahan," tegasnya.

Karena itu pihaknya atas nama kepala kantor kementrian Agam wilayah Sumatera Barat mengajak semua nagari yang ada  di Sumatera Barat untuk melakukan gerakan semacam GKB itu, seperti gerakan cinta, masyarakat, kegarakan berbagi, peduli dengan masyarakat dan peka dengan persoalan sosial yang terjadi di masyarakat sehingga pada akhirnya masyarakat itu akan bahagia saat saat menghadapi idul fitri tersebut.

Sementara ketua pelaksana,Gerakan koto Hilalang Berbagi Yeffirman mengatakan bahwa kegiatan itu merupakan yang kedua dilaksanakan

Kegiatan itu dilatar belakangi karena melihat kondisi sosial masyarakat yang masih banyak dalam kesusahan sehingga timbulah ide untuk menggulirkan gerakan itu.

"Alhamdulilah kegiatan itu mendapat respon yang sangat luar biasa dari masyarakat baik di kampung maupun dirantau," ujarnya.

Sebab pada kegiatan pertama GKB hanya membagikan 130 paket, namun untuk tahun ini dari rencana awal ditergetkan untuk 200 peket, ternyata dalam jangka dua minggu GKB berhasil menghimpun  sumbangan dari masyarakat di kampung dan dirantu sehingga paket tersebut dapat dibagikan untuk 260 kepala keluarga.

Karena itu atas nama panitia pelaksanaka pihaknya menyapaikan termakasih yang sebasar besarnya atas dukungan dari masyarakat baik dikapung dan dirantau tersebut. (agi)





Komentar : 0


Nama

Email

Komentar



(Salin kode keamanan diatas)