Dharmasraya

Jelang Kunjungan Presiden, Utusan Kemendes PDTT Kunjungi Dharmasraya

Warta Andalas | Jumat, 02 Februari 2018 - 17:45:54 WIB | dibaca: 117 pembaca

WARTA ANDALAS, DHARMASRAYA – Terkait rencana kunjungan Presiden RI, Joko Widodo ke kabupaten Dharmasraya yang sekaligus menghadiri Hari Pers Nasional di kota Padang Sumatera Barat, Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi mengirim utusan ke Kabupaten berjuluk Petro Dollar, Kamis (1/2-2018) untuk memastikan lokasi yang akan dikunjungi oleh Presiden.

Rencananya, dalam kunjungannya ke Dharmasraya itu Presiden akan meresmikan sejumlah proyek termasuk peletakan batu pertama pembangunan embung senilai seperempat miliar rupiah lebih yang dananya berasal dari Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi.

Kunjungan staf dari Kementerian Desa, Pembangunan daerah tertinggal dan Transmigrasi itu didampingi staf Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Sumatera Barat, Firmanto dan Akral ke Nagari Sitiung Kecamatan Sitiung Kabupaten Dharmasraya, Kamis (1/2-2018).

Kunjungan tersebut dalam rangka meninjau lokasi pembangunan Embung di Sitiung, tepatnya di Jorong Sitiung Agung. Direncanakan, Embung ini merupakan salah satu yang akan dikunjungi oleh Presiden Joko Widodo. Sekaligus akan dilaksanakan peletakan batu pertama untuk pembangunan beberapa proyek infrastruktur di wilayah Kabupaten Dharmasraya, dan Pencanangan Program Padat Karya. Kegiatan ini merupakan bagian dari rangkaian Hari Pers Nasional (HPN) yang puncaknya dilaksanakan 9 Februari tahun 2018 di Padang.

Menurut Walinagari Sitiung Yulisman, embung ini luasnya lebih dari satu hektar dan direncanakan nantinya tidak hanya untuk cadangan air untuk lahan pertanian saja, tetapi bisa untuk multi fungsi seperti destinasi wisata air, pertanian, perikanan, perkebunan dan lain-lainnya, hal ini diamini oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Dharmasraya Abdi Amri.

Staf dari Kemendes RI adalah Iwan dan Eko Purnomo mengatakan bahwa Kemendes akan mengucurkan dana 270 juta untuk pembangunan embung ini, untuk itu perlu ditinjau lokasi dan pemanfaatannya, terutama luas lahan persawahan dan perkebunan yang akan diairi. Pilihan untuk hasil embung dan juga sangat pantas pula dikembangkan untuk objek atau destinadi wisata.

Mereka berharap untuk segera dibuatkan proposalnya dan segera dikirim ke Kemedes RI. Kadis PMD Dharmasraya langsung berkoordinasi dengan Kadis PU Dharmasraya untuk menyiapkan Proposal pembuatan embung ini sesegera mungkin, lengkap dengan kajian teknisnya.

Kadis PMD juga meminta arahan dan pembinaan kepada DPMD sumbar dalam menghadapi pembangun dan Pemberdayaan Masyarakat di Dharmasraya. (bw/tim)





Komentar : 0


Nama

Email

Komentar



(Salin kode keamanan diatas)