Dharmasraya

Ini Jurus Ampuh Bupati Sutan Riska Bangun Sinergitas Antar OPD

Warta Andalas | Jumat, 14 September 2018 - 17:00:47 WIB | dibaca: 152 pembaca

WARTA ANDALAS, DHARMASRAYA - Bupati Sutan Riska ternyata punya jurus ampuh dalam membangun sinergitas di lingkungan organisasi perangkat daerah (OPD). Tengok saja saat pelaksanaan acara gerakan masyarakat hidup sehat (Germas) yang digelar di Nagari Sungai Limau, Kecamatan Asam Jujuhan Kamis (13/9/18). Dalam penyelenggaraan acara yang diinisiasi Dinas Kesehatan itu, nampak jelas bagaimana Bupati Sutan Riska membangun sinergitas antar OPD yang begitu kuat dan kompak.

Bupati peraih satya lencana pembangunan itu dalam penyelenggaraan Germas sengaja membawa serta keluarga besar Dinas Pertanian. Dinas yang dipimpin Darisman, S.Si., M.Si itu segera mengambil peran untuk memberikan bantuan benih tanaman, terutama sayuran dan buah buahan. Malah dinas tipe A itu mengerahkan para penyuluh pertanian untuk memberikan bimbingan bagaimana membudidayakan tanaman sayuran dan buah buahan di pekarangan.

Tampaknya Dinas Pertanian pimpinan Darisman ini sadar benar bahwa untuk bisa menerapkan pola hidup sehat, masyarakat harus makan bahan pangan yang sehat. Bahan pangan yang sehat adalah yang diproduksi secara alami di pekarangan. Malah Dinas Pertanian juga masih mengambil peran menyediakan subsidi harga bagi masyarakat yang membeli Sembako pada bazar yang digelar di lokasi Germas.

Dinas Pangan dan Perikanan tak mau ketinggalan. Dinas yang dinakodai Welfiadril itu mengambil peran untuk membantu benih ikan kepada masyarakat. Gunanya agar di lokasi Germas berkembang budidaya ikan. Hasil budidaya ikan ini diharapkan dapat dijadikan sebagai sumber bahan pangan hewani yang bernilai gizi tinggi dan aman bagi kesehatan. Selain itu, Welfiadri masih membantu bahan pangan bagi anak anak yang mengalami rawan gizi atau gizi kurang.

Dinas kesehatan sendiri sebagai leading sektor acara Germas mengambil peran yang tidak kecil. Dinas yang dipimpn dr. Rahmadian itu mengerahkan puluhan dokter termasuk dokter spesialis untuk memberikan penyuluhan kepada masyarakat. Selain itu mereka juga melakukan pemeriksaan kesehatan gratis buat rakyat Asam Jujuhan. Bersamaan dengan itu, Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan KB juga mengambil peran memberikan penyuluhan KB kepada warga setempat.

Malah OPD yang tidak terkait langsung dengan Germas juga turut ambil bagian. Sebut saja Dinas Dukcapil yang memberikan layanan dikumen kependudukan di arena Germas. Dinas pimpinan Netti Helma ini mengerahkan petugas untuk memberikan layanan dokumen kependudukan berupa KTP, kartu keluarga dan akta kelahiran. Pendek kata, hampir semua OPD ambil peran dalam acara Germas. Paling tidak mereka ikut dalam mengamankan jalanannya acara, mengatur lalulintas, menyediakan tenda, mengerahkan massa dan lain sebagainya.

Kolaborasi tersebut tidak akan terwujud manakala tidak ada pemimpin yang kuat untuk mengorganisir. Inilah salah satu sisi lebih dari pemimpin muda Dharmssraya ini. Dia tidak hanya mampu melahirian ide dan gagasan tetapi mampu mengorganisir kekuatan dalam memberikan layanan kepada rskyatnya. Pantas saja Germas di Dharmasrsya itu sama dengan mendekatkan ibukota dari rakyatnya. "Terima kasih Pak Bupati atas layanan yang sudah diberikan," kata Muslim, walinagari Sungai Limau yang menjadi tuan rumah acara Germas. (bw/rel)





Komentar : 0


Nama

Email

Komentar



(Salin kode keamanan diatas)