Dharmasraya

Ingatkan Sejarah, Pemkab Dharmasraya Gelar Silaturrahmi di Candi Padang Roco

Warta Andalas | Jumat, 20 Juli 2018 - 19:52:58 WIB | dibaca: 276 pembaca

WARTA ANDALAS, DHARMASRAYA - Pemerintah Kabupaten Dharmasraya menggelar acara silaturrahim dengan masyarakat se Dharmasraya, Jum'at (20/07). Acara yang dipusatkan di lokasi wisata Candi Padang Roco Nagari Siguntur ini turut dihadiri oleh para tokoh masyarakat, tokoh pemekaran Dharmasraya, tokoh agama, ninik mamak, cadiak pandai, bundo kanduang dan sejumlah tamu undangan lainnya. 

Wakil Bupati Dharmasraya, H. Amrizal Dt. Rajo Medan, sebagai inisiator terlaksananya acara ini dalam sambutannya menyampaikan, acara ini ia inisiasi karena ingin mengajak masyarakat untuk kembali mengingat dan mengenang sejarah Kabupaten Dharmasraya. 

"Sebagaimana kita tahu, Kabupaten Dharmasraya hari ini adalah jejak peninggalan Kerajaan Dharmasraya di masa lalu. Dari sejumlah penelitian yang pernah dilakukan, keberadaan Candi Padang Roco ini menjadi salah satu bukti, bahwa dahulunya wilayah ini pernah dijadikan pusat pemerintahan Kerajaan Malayu. Ini adalah sejarah besar daerah kita, aset berharga yang Dharmasraya punya, yang tidak boleh kita abai dan lupa," ujar Wabup. 

Maka dari itu, melalui kegiatan silaturrahim ini, Wabup mengajak masyarakat Dharmasraya untuk mengingat dan mengenang kembali sejarah yang ada tersebut. 

"Kepada Disbudparbora, saya harap juga dapat memikirkan apa yang perlu dilakukan untuk pengembangan Candi Padang Roco ini sebagai salah satu destinasi wisata sejarah di Dharmasraya. Minimal, setiap tahun, setiap peringatan HUT Kabupaten Dharmasraya, adakan juga acara disini," tukas wabup. 

Sementara itu, Wali Nagari Siguntur, Aswat, dalam kesempatan yang sama menyampaikan terimakasih kepada Wakil Bupati yang sudah menginisiasi acara ini. Menurutnya, acara semacam ini memang sudah lama dinanti-nanti, mengingat tonggak sejarah Dharmasraya berada di Nagari Siguntur. 

"Kami berharap, acara hari ini berkelanjutan dan betul-betul membawa dampak bagi pengembangan Candi Padang Roco sebagai salah satu destinasi wisata sejarah di Kabupaten Dharmasraya," pungkasnya. 

Adapun, sebelum menuju lokasi acara, Wabup juga melaksanakan ibadah sholat Jum'at berjamaah dengan masyarakat setempat. Kemudian dilanjutkan dengan makan siang bersama, dan diakhiri dengan tausiyah agama. (ex)





Komentar : 0


Nama

Email

Komentar



(Salin kode keamanan diatas)